Entri Populer

Senin, 29 Juli 2013

SENSOR UTAMA EFI (2)

Idle Speed Adjusting Screw (ISAS).
Umum putaran stasioner (idle) telah ditentukan oleh Engine Control Modul (ECM),
namun pada beberapa jenis mesin efi/epi masih menggunakan Idle Speed Adjusting
Screw (ISAS) untuk mengatur besar kecilnya putaran stasioner (idle) secara manual.
Jika pada karburator, Idle Speed Adjusting Screw (ISAS) disetel untuk
mempengaruhi besar kecilnya pembukaan katup gas (throttle), maka pada mesin
efi/epi, ISAS disetel untuk mempengaruhi besar kecilnya udara yang masuk ke
intake air chamber saat idle.
ISAS ditempatkan tidak pada saluran udara IAC, melainkan pada saluran bypass
yang berbeda.
Gambar . ISAS terpasang pada Throttle body Mass Air Flow (MAF) Sensor.
Mass Air Flow (MAF) berfungsi mendeteksi jumlah udara yang masuk ke intake air
chamber.Jika ditinjau secara konstuksinya, MAF sensor terbagi atas 3 jenis (type) :
a.Measuring Plat Type
b.Measuring Core Type H
c.Heat Resistor Type.
a. Measuring plat type.
Sensor ini terdiri dari plat pengukur, pegas pengembali dan potensiometer. Udara
yang masuk ke intake air chamber akan dideteksi dengan gerakan membuka dan
menutupnya plat pengukur. Plat pengukur ini ditahan oleh sebuah pegas
pengembali.
Plat pengukur dan potensiometer bergerak pada poros yang sama, sehingga sudut
membukanya plat pengukur akan merubah nilai tahanan potensiometer.
Gambar. Konstruksi MAF Sensor type plat.
Variasi nilai tahanan ini akan dirubah menjadi output voltase sensor ke ECM sebagai
dasar untuk menentukan banyaknya jumlah udara yang masuk ke intake air
chamber. b. Measuring core type H.
Air flow meter tediri dari inti pengukur, pegas pengembali, potensiomete, rumah dan
lain-lain. Terpasang diantara saringan udara dan intake manifold. Sensor ini
mendeteksi jumlah uadara yang masuk ke dalam mesin dan mengirim informasi ke
ECM sebagai sinyal voltase. ECM menggunakan sinyal ini sebagai salah satu input
ke ECM untuk mengontrol besaran penginjeksian.
Measuring core bergerak kea rah samping sebanding dengan jumlah udara yang
masuk. Pada posisi tersebut atau jumlah udara yang masuk dideteksi oleh
potensiometer yang dipasang pada measuring core.
Pada type ini, sensor jumlah udara masuk menjadi satu unit dengan sensor
temperature udara masuk. Voltase referensi 5 volt dari ECM digunakan pada sensor
jumlah masuk dan sensor temperature udara masuk.
Ketika slider potensiometer bergerak melalui resistor sesuai dengan jumlah udara
masuk (besarnya aliran udara masuk) sinyal voltase yang keluar ke ECM bevariasi
sesuai pergerakan slider
Gambar. Konstruksi MAF sensor type core c. Heat resistor type.
Head resistor type sebagai komponen dasarnya saat ini hampir digunakan pada
semua jenis kendaraan efi/epi. Head resistor mempunyai sifat dapat berubah nilai
tahanannya apabila temperature di permukaan resistor berrubah. Perubahan
temperature pada permukaan resistor diakibatkan oleh gerakan aliran udara yang
melewati permukaan heat resistor.
Variasi tahanan ini akan dirubah dalam bentuk variasi voltase yang akan dikirim ke
ECM sebagai dasar untuk menentukan banyaknya udara yang masuk ke intake air
chamber. Sensor type ini biasanya terdapat 3 jenis kabel yaitu kabel input dari ECM
(12 volt), output dari sensor ke ECM (variasi 0 – 5 volt), dan kabel massa sensor
yang akan dimassakan ke bodi kendaraan.
Gambar. Konstruksi MAF sensor type heat resistor
Manifold Absolute Pressure (MAP)
Manifold Absolute Pressure (MAP) adalah sensor yang mendeteksi tekanan udara
yang masuk ke intake air chamber sebagai dasar penghitungan jumlah udara
melalui IC (integrated circuit) yang terdapat di dalam sensor ini.
MAP sensor menghasilkan sinyal tegangan yang segera dikirim ke ECM. Oleh ECM
sinyal tegangan ini digunakan untuk menentukan basic injection time.
MAP sensor terdiri dari semi konduktor type pressure converting element yang
berfungsi merubah fluktuasi tekanan manifold menjadi perubahan tegangan dan IC
yang memperkuat perubahan tegangan. Pada MAP sensor jug terdapat 3 jenis kabel yaitu input 5 volt (reverence voltase) dari ECM,Ground dan output dari sensor ke
ECM bervariasi antara 0- 5 volt.
Gambar. Konstruksi MAP Sensor
Hubungan antara Output voltage dengan perubahan jumlah udara masuk
berdasarkan kevakuman pada intake manifold

SENSOR UTAMA MESIN INJEKSI

Intake Air Temperature.(IAT)
Sensor temperature udara masuk (Intake air temperature) merupakan sensor
koreksi yang biasanya terpasang pada air cleaner atau hose antara air cleaner
dengan throttle body. Sensor ini berupa thermistor dengan bahan semikonduktor
yang mempunyai sifat semakin panas temperature maka nilai tahanannya semakin
kecil.
Sensor Intake air temperature memiliki 2 kabel yang keduany dari Engine Control
Modul (ECM). ECM akan mensuplay tegangan sebesar 5 volt dan memberi ground
untuk sensor. Karena nilai tahanan pada sensor bervariasi akibat perubahan
temperature maka tegangan yang mengalir dari ECM juga bervariasi. Variasi
tegangan inilah yang dijadikan dasar bagi ECM untuk menentukan temperature
udara masuk yang tepat sebagai input untuk menentukan koreksi jumlah bahan
bakar yang disemprotkan oleh injector. Pada kendaraan Suzuki yang menggunakan
Intake air temperature sensor adalah Baleno 1.6, Baleno 1.5, Escudo
2.0,Aerio,Baleno Next G ,EverY, XL7, New Escudo 1.6.
Posisi Intake air temperature sensor pada air cleaner dapat dilihat pada gambar
Gambar. Posisi IAT pada Air Cleaner Gambar. Skema Intake Air Temperature terhadap ECU
Hubungan antara nilai resistensi pada intake air temperature sensor dan kenaikan
temperature dapat dilihat pada gambar
Gambar . Grafik hubungan antara nilai resistensi dan temperature
Throttle Body
Fungsi throttle body adalah sebagai saluran utama yang dilalui oleh udara sebelum
masuk ke intake manifold. Konstruksi throttle body dapat dilihat pada gambar Gambar.Konstruksi Throttle Body
Komponen-komponen pada throttle body dapat dijelaskan sebagai berikut :
a. Throttle valve.
Throttle valve berfungsi untuk membuka dan menutup saluran utama yang dilalui
udara pada throttle body.Digerakan oleh acceleration pedal (pedal gas).
b.Throttle Position Sensor (TPS)
Throttle Position Sensor (TPS) adalah sensor pada sistem EFI yang berfungsi
mendeteksi bukaan throttle valve dengan menggunakan potensiometer. Throttle
Position Sensor terletak menempel pada throttle body (Gambar 18) dan wujudnya
adalah potensiometer (variable resistor) yang dihubungkan dengan poros throttle
valve, untuk mendeteksi posisi bukaan katup gas (throttle valve) tersebut secara
akurat, dengan outputnya adalah tegangan 0 – 5 volt yang dikirim ke Eletrical
Control Unit (ECU). Gambar. Letak Throttle Position Sensor pada Throttle Body.
Throttle position sensor (TPS) adalah sebuah potensiometer yang secara konstan
mengirim berbagai sinyal bertegangan ke ECU. Potensiometer adalah semacam
resistor yang mengubah gerakan mekanik menjadi sebuah voltage. Pada Throttle
Position Sensor, voltage ini berhubungan langsung dengan throttle valve position.
Ketika pengemudi menekan pedal gas, maka Throttle Valve terbuka. Setelah
Throttle Valve terbuka, sinyal bertegangan tinggi dikirim dari Throttle Position Sensor
ke ECU.
Informasi yang diterima ECU diterjemahkan sebagai Acceleration Mode dan
Decceleration Mode
Gambar. Skema Throttle Position Sensor terhadap ECU Gambar. Output Tegangan TPS terhadap bukaan Throttle Valve
Throttle Position Sensor terdiri atas 2 type :
1.Throttle Position Sensor Rotary
2.Throttle Position Sensor Linear
Kedua tipe ini mempunyai sebuah koil yang kabelnya mempunyai perlawanan
terhadap material lain. Kabel paling akhir dihubungkan ke massa. Kabel yang lain
dihubungkan ke reference voltage 5 volt (V REF) dari ECM. Sebuah slide atau wiper
blade dihubungkan ke poros throttle valve dan bergerak sepanjang koil selama
perubahan throttle position. Kedua type TPS dapat dilihat pada gambar
Gambar. Dua type Throttle Position Sensor, Rotary dan Linear . Fast Idle Air Control (FIAC).
Fast Idle Air Control (FIAT) berfungsi untuk menambah jumlah udara yang masuk ke
saluran udara masuk (intake air chamber) saat katup gas (throttle valve) tertutup dan
temperature masih dingin. Dengan bertambahnya jumlah udara masuk maka Engine
Control Modul (ECM) akan mendeteksi dan akan menambah bahan bakar yang
disemprotkan ke injector sehingga putaran mesin menjadi lebih tinggi dari putaran
idle (Fast idle).
Fast Idle Air Control terbuat dari thermo wax yang bekerjanya sesuai dengan
temperature mesin. Jika temperatur mesin masih dingin, maka thermo wax belum
mengembang sehingga jumlah udara yang masuk melalui saluran bypass menjadi
lebih banyak.
Gambar. Posisi Thermo wax
Saat temperature mesin panas maka thermo wax akan mengembang dan saluran
bypass akan menyemipt, jumlah udara yang masuk menjadi berkurang, putaran idle.
Pada beberapa kendaraan FIAC dipasangkan menyatu dengan IAC, namun ada
pula yang dipasang terpisah contohnya : Vitara, Baleno 1.6 dll.
Idle Air Control (IAC)
Idle Air Control (IAC) berfungsi untuk menambah atau mengurangi jumlah udara
yang masuk ke intake air chamber saat throttle valve tertutup pada kondisi
temperature mesin masih dingin (fast idle) dan saat beban eletrik difungsikan (idle up). Jika beban listrik difungsikan (lampu-lampu, A/C,P/S) maka katup Idle Air
Control akan membuka untuk menambah udara yang masuk ke intake air chamber.
Dengan bertambahnya udara yang masuk, maka Engine Control Modul (ECM) akan
mendeteksi dan menambah jumlah penginjeksian pada injector. Demikian
sebaliknya, jika beban listrik tidak difungsikan maka katup Idle Air Control (IAC)
akan menutup sehingga putaran mesin kembali ke idle.
Jika ditinjau secara konstruksinya, Idle Air Control (IAC) terdiri atas 2 type yaitu :
a.Type rotary valve.
b.Type stepping motor

SENSOR EFI (2)

Biasanya terletak pada Throttle body bagian butterfly spindle (flap throttle), sehingga
dapat secara langsung memonitor posisi bukaan dari flap tersebut.
ATS (DOHC)
Air Temperature Sensor, sensor yang berfungsi untuk menghitung temperatur udara
yang masuk. Letaknya pada belalai gajah
MAP Sensor (DOHC)
Manifold Absolute Pressure Sensor, adalah sensor yang menghasilkan informasi
tekanan secara instant yang digunakan untuk menghitung kepadatan udara (air
density) dan menentukan Air Mass Flow Rate yang kemudian digunakan ECU untuk
menghitung jumlah aliran bahan bakar yang sesuai,
Data-data lain yang diperlukan untuk kendaraan yang menggundakan MAP system
adalah Speed Density, Putaran mesin, dan temperatur udara. Letaknya diatas pipa
AC (diruang Mesin), berbentuk kotak hitam ukuran sebesar korek api.
WTS (DOHC)
Water Temperature Sensor, sensor yang berfungsi untuk menghitung temperatur air
pendingin yang bersirkulasi di dalam mesin. Letaknya di dekat transmisi.
ATS (DOHC)
Air Temperature Sensor, sensor yang berfungsi untuk menghitung temperatur udara
yang masuk. Letaknya pada belalai gajah
ISC (DOHC)
Idleup Speed Control, adalah part yang berfungsi untuk menjaga iddle / putaran
mesin pada saat beban lain menyala, seperti AC dan Power Steering. Berfungsi juga
sebagai automatic choke pada saat mesin dingin, pada timor karburator (SOHC) alat
yang kurang lebih berfungsi sama dikenal dengan nama Vaccum Tripple Act. HLA(DOHC/SOHC)
Hydraulic Lash Adjuster, adalah part yang berfungsi untuk menjaga celah bukaan
katup / klep agar tetap 0.00 mm, dengan adanya part ini, timor kita tidak akan
pernah stel klep. Letaknya di dalam cylinder Head, jumlahnya 16 untuk DOHC, 8
untuk SOHC
Ignition Timing / Waktu pengapian (DOHC/SOHC)
Adalah waktu pengapian (spark/ignition) yang terjadi pada combustion chamber
(pada saat power stroke) relativ terhada posisi piston dan kecepatan angular
crankshaft.
Setting yang tepat akan mempengaruhi ketahanan mesin, keiritan bahan bakar dan
performa mesin. Untuk DOHC standar pengapian 8 +/- 2 derajat. Untuk SOHC
standar pengapian 4 +/- 2 derajat
Timing Belt (DOHC/SOHC)
Part yang berfungsi untuk mengontrol timing dari katup. Timing belt menghubungkan
crankshaft dengan camshaft yang kemudian mengontrol buka dan tutupnya katup.
Letaknya di samping kiri cylinder Head, bentuknya belt yang bergigi pada bagian
dalamnya, pada penggantian timing belt disarankan untuk sekalian mengganti idlernya.
Radiator (DOHC/SOHC)
Adalah alat yang didesign sebagai heat exchanger atau untuk mentransfer energi
panas dari satu media ke media lain untuk keperluan pendinginan atau pemanasan.

SENSOR PADA MOBIL EFI

Mengenal Bagian-Bagian Sensor – sensor pada Mesin EFI
Mesin mobil adalah sebuah sistem yang cukup kompleks, semua parts bekerjasama
untuk menghasilkan tenaga yang akan dikonversi menjadi daya gerak mobil
tersebut. Mari kenali beberapa Parts mesin yang krusial.
Berikut adalah istilah-istilah pada mesin dan bagian-bagian mesin yang dirasa perlu
kita ketahui :
DOHC
Double Over Head Camshaft (disebut juga twincam). 2 (dua) camshaft dalam 1
(satu) cylinder head. Pada timor, diaplikasikan pada S515i yang menggunakan
teknologi injeksi pada system pembakarannya.
SOHC
Single Over Head Camshaft. 1 camshaft dalam 1 cylinder head, pada timor
diaplikasikan pada S515 yang menggunakan teknologi karburator pada system
pembakarannya.
ECU (DOHC)
Engine Control Unit, dikenal juga dengan EMS atau Engine Management System,
adalah system elektronik yang mengontrol beberapa aspek pada mesin. ECU
menentukan jumlah bensin, waktu pengapian dan beberapa parameter lain yang
dimonitor oleh sensor yang ada dimesin yang memberikan signal berupa besaran
arus atau resistansi.Letaknya kurang lebih di bawah tape mobil (didalam Kabin)
TPS (DOHC)
Throttle Position Sensor, adalah sensor yang digunakan untuk memonitor posisi
throttle pada mesin. Sensor ini biasanya berbentuk potensiometer yang berubahubah nilai resistansinya sesuai dengan posisi daripada flap. Signal yang dihasilkan
kemudian dikirimkan ke ECU sebagai input untuk mengontrol Waktu pengapian dan
waktu injeksi.

Serba Serbi Mobil Timor


Berikut adalah istilah-istilah pada mesin dan bagian-bagian mesin yang dirasa perlu kita ketahui, sebagai dasar-dasar pemahaman tentang kendaraan mobil Timor :  

1. DOHC, singkatan dari Double Over Head Camshaft (disebut juga twincam). 2 (dua) camshaft dalam 1 (satu) cylinder head. Pada timor, diaplikasikan pada S515i yang menggunakan teknologi injeksi pada system pembakarannya.  

2. SOHC atau Single Over Head Camshaft. 1 camshaft dalam 1 cylinder head, pada timor diaplikasikan pada S515 yang menggunakan teknologi karburator pada system pembakarannya.  

3. ECU (DOHC) atau Engine Control Unit, dikenal juga dengan EMS atau Engine Management System, adalah system elektronik yang mengontrol beberapa aspek pada mesin. ECU menentukan jumlah bensin, waktu pengapian dan beberapa parameter lain yang dimonitor oleh sensor yang ada dimesin yang memberikan signal berupa besaran arus atau resistansi. Letaknya kurang lebih di bawah tape mobil (didalam Kabin).  

4. TPS (DOHC) adalah Throttle Position Sensor yang digunakan untuk memonitor posisi throttle pada mesin. Sensor ini biasanya berbentuk potensiometer yang berubah-ubah nilai resistansinya sesuai dengan posisi daripada flap. Signal yang dihasilkan kemudian dikirimkan ke ECU sebagai input untuk mengontrol Waktu pengapian dan waktu injeksi. Biasanya terletak pada Throttle body bagian butterfly spindle (flap throttle), sehingga dapat secara langsung memonitor posisi bukaan dari flap tersebut.  

5. ATS (DOHC) singkatan dari Air Temperature Sensor, sensor yang berfungsi untuk menghitung temperatur udara yang masuk.Letaknya pada belalai gajah.  

6. MAP Sensor (DOHC) atau Manifold Absolute Pressure Sensor, adalah sensor yang menghasilkan informasi tekanan secara instant yang digunakan untuk menghitung kepadatan udara (air density) dan menentukan Air Mass Flow Rate yang kemudian digunakan ECU untuk menghitung jumlah aliran bahan bakar yang sesuai. Data-data lain yang diperlukan untuk kendaraan yang menggundakan MAP system adalah Speed Density, Putaran mesin, dan temperatur udara. Letaknya diatas pipa AC (diruang Mesin), berbentuk kotak hitam ukuran sebesar korek api.  

7. WTS (DOHC) atau Water Temperature Sensor berfungsi untuk menghitung temperatur air pendingin yang bersirkulasi di dalam mesin. Letaknya di dekat transmisi.  

8. ISC (DOHC) atau Iddle-up Speed Control, adalah part yang berfungsi untuk menjaga iddle / putaran mesin pada saat beban lain menyala, seperti AC dan Power Steering. Berfungsi juga sebagai automatic choke pada saat mesin dingin, pada timor karburator (SOHC) alat yang kurang lebih berfungsi sama dikenal dengan nama Vaccum Tripple Act.  

9. HLA (Hydraulic Lash Adjuster), adalah part yang berfungsi untuk menjaga celah bukaan katup / klep agar tetap 0.00 mm, dengan adanya part ini, timor kita tidak akan pernah stel klep. Letaknya di dalam cylinder Head, jumlahnya 16 untuk DOHC, 8 untuk SOHC. Gunakan Selalu Oli SAE 10w-40… Penggunaan Oli yg lebih kental (mis. 20w-50) akan merusak HLA & menurunkan kinerja Mesin.   

10.Ignition Timing / Waktu pengapian (DOHC/SOHC) Adalah waktu pengapian (spark/ignition) yang terjadi pada combustion chamber (pada saat power stroke) relativ terhada posisi piston dan kecepatan angular crankshaft. Setting yang tepat akan mempengaruhi ketahanan mesin, keiritan bahan bakar dan performa mesin. Untuk DOHC standar pengapian 8 +/- 2 derajat, sedangkan untuk SOHC standar pengapian 4 +/- 2 derajat.  

11.Timing Belt (DOHC/SOHC) berfungsi untuk mengontrol timing dari katup. Timing belt menghubungkan crankshaft dengan camshaft yang kemudian mengontrol buka dan tutupnya katup. Letaknya di samping kiri cylinder Head, bentuknya belt yang bergigi pada bagian dalamnya, pada penggantian timing belt disarankan untuk sekalian mengganti idler-nya.  

12.Radiator (DOHC/SOHC) merupakan alat yang didesign sebagai heat exchanger atau untuk mentransfer energi panas dari satu media ke media lain untuk keperluan pendinginan atau pemanasan. Radiator TImor sudah lebih dari cukup, Lakukan Pembersihan Kisi-kisi radiator setiap minimal setahun sekali. dan gunakan Radiator Coolant agar mencegah karat pada sistem pendingin.     

13.Tips Perawatan Alternator 
Alternator

  1. 1. Parts Alternator yang memerlukan penggantian setiap 5 – 8 tahun adalah IC Regulator, Silicon Rectifier (diode) dan Bearings, jangan tunggu sampai rusak, karena kerusakan akan merambat ke gulungan Stator, jangan memakai IC dan diode copotan, harganya tak beda jauh dengan parts generic baru, brush sudah termasuk dalam IC Regulator set. Jika gulungan Stator rusak akan susah memperbaikinya.
  2. Service starter setiap 5 tahun, bersihkan dan greasing, ganti Solenoid (Switch Magnetic), periksa Brush dan periksa bantalan metal (armature bearing).
  3. Jangan memakai bulb lampu depan dengan Watt terlalu besar, reflector akan menjadi kuning karena panas, pakailah bulb dengan Watt standard tetapi intensitasnya tinggi atau gunakan bulb HID.
  4. Bersihkan konektor-konektor, terutama ke arah mesin dengan Contact Spray buatan Philips, jangan memakai penetrant (WD-40) yang membuat plastic rapuh. 
  5. Jangan memakai accu dalam kondisi tekor terlalu lama, karena akan merusak alternator, umur efektif accu sekitar 2 – 3 tahun, sebelum tekor, tukar tambahkan accu.
  6. Periksa level air accu (untuk accu tipe basah) setiap minggu, jika kurang, tambah aquadest (tutup botol biru) sesuai level. 
  7. Jika memakai peralatan audio berkapasitas besar, kapasitas accu juga harus diperbesar agar kerja alternator lebih ringan.
  8. Perhatikan kebersihan terminal dan sekitar tempat accu.
  9. Saat membeli accu tipe basah, isilah dengan accuzuur botolan (tutup botol merah), accuzuur dari drum biasanya kurang bersih, dianjurkan Accuzuur buatan Yuasa atau Cap Singa.
  10. Accu tipe Hybrid adalah paling optimum untuk kondisi Indonesia, Accu Hybrid GS sudah terisi acuuzuur dari pabrik dan siap pakai, saat beli perhatikan “charging date” yang disablon di bagian atas accu.
  11. Jika ingin terbebas dari merawat accu, bisa memakai accu MF, pilih yang memiliki desain dengan lapisan calcium di plat (+) dan (-). Perhatikan juga charging date-nya 
 
.14. Thermostat
   
Pengguna Timor yang masih awam dengan kendaraannya sering kali ditipu oleh mekanik nakal dengan cara melepas thermostatnya. biasanya mereka mencopot thermostat dengan alasan untuk menjaga keamanan mesin dan agar tarikan timor lebih enak. justru malah sebaliknya, mesin mobil mengalami gangguan karena suhu pendinginan dan pemanasan tidak bisa didapati dengan sempurna akibat thermostatnya dilepas. thermostat ini lah yang mengatur suhu kendaraan secara optimal untuk layak jalan sehingga keadaan mesin lebih stabil suhunya.
ciri-ciri thermostat dilepas secara umum :
- Jarum di panel radiator saat mesin panas hanya berada di seperempat bukan di setengah kurang dikit.
- Bensin lebih boros dari biasanya
- Mesin lebih lama panasnya dibandingkan dengan menggunakan thermostat.
- Ketika overheat, jarum petunjuk terbaca normal namun mobil tiba-tiba mati akibat kepanasan


15. Penyebab Mobil Timor Bunyi 
 
16. Substitusi Mobil Timor

Mungkin banyak yang bilang spare part mobil timor susah dicari dan tidak bisa menggunakan part mobil lain (harus timor), fakta tersebut salah besar. Sebenarnya part timor sangat mudah dicari, walaupun memang untuk asli timornya sendiri sudah jarang karena pabriknya sudah tidak ada, tapi jangan sampai kita termakan gosip seperti itu secara mentah-mentah. Pada kenyataannya spare part timor bisa menggunakan milik kendaraan lainnya yang kualitasnya gak kalah beda malah lebih bagus, tergantung harga serta kondisi barangnya.
Part yang bisa di kanibal :
1. Kabel Busi DOHC pake kabel businya Mazda Familia
2. Plat Kopling bisa pake Mazda Familia, L300 Bensin, Lancer, Feroza, KIA Rio
3. HLA SOHC pake HLA Hyundai Getz
4. Velg bisa pake velg Corolla All New, Honda City (PCD 100 & Offset 38 Ukuran Maksimum19Inch)
5. Karet Dudukan Atas Shocbreaker Depan pake Mazda
6. Distributor DOHC bisa pake Mitshubisi SS
7. Karet Pemegang Stearing Shaft bisa pake Mazda
8. Shocbreaker Belakang bisa pake Kayaba Gas atau Olie
9. Per Belakang bisa pake Great Corolla
10. Radiator bisa pake Honda Accord
11. Bearing Roda Belakang bisa pakai punya Madza 323, HUB053-70 (NSK) HUB053-73 (NTN)
12. Busi bisa pakai Toyota Inova
13. KUL Stater/Carbon/Arang Staternya bisa pake L-300 Bensin
14. Oli Mesin (Ref) pake SAE 10-40W
15. Oli Transmisi Multigrade SAE 75-90W

Minggu, 28 Juli 2013

Antara Pembelajaran Kolaboratif dengan Pembelajaran Kooperatif


Dalam bahasa Indonesia, kata kolaborasi dan kooperasi cenderung diartikan dalam makna yang sama yaitu kerjasama. Menurut John Myers (1991) kata kolaborasi berasal dari bahasa Latin dengan memfokuskan pada proses, sedangkan kooperasi bersumber dari Amerika yang lebih menekankan pada hasil. Sementara itu, menurut Ted Panitz (1996), istilah kolaborasi menunjuk pada filsafat interaksi dan gaya hidup personal, sedangkan kooperasi lebih menggambarkan sebuah struktur interaksi yang didesain untuk memfasilitasi pencapaian suatu hasil atau tujuan tertentu.
Kolaborasi mengasumsikan pentingnya kerjasama (koperasi) yang dibangun berdasarkan konsensus anggotanya, bukan kompetisi individual diantara anggota kelompok. Dalam kelompok akan terjadi pembagian peran, tugas dan wewenang dari setiap anggota kekompok. Masing-masing anggota kelompok berusaha saling menghargai dan memberikan kontribusi kemampuannya terhadap kegiatan kelompok.
Ketika seorang individu (baca: guru) menerapkan filosofi ini ke dalam kelas, keluarga atau komunitas kelompok lainnya untuk kepentingan pembelajaran maka itulah yang disebut pembelajaran kolaboratif. Jadi, pembelajaran kolaboratif  pada dasarnya adalah sebuah filosofi personal, dan bukan hanya sekedar teknik dalam pembelajaran di  kelas (Ted Panitz , 1996).
Wikipedia (2013) merumuskan Pembelajaran Kolaboratif  (Collaborative Learning) sebagai situasi dimana terdapat dua atau lebih orang belajar secara bersama-sama, dengan memanfaatkan sumber daya dan keterampilan satu sama lain (meminta informasi satu sama lain, mengevaluasi ide-ide satu sama lain, memantau pekerjaan satu sama lain, dll.). Sementara, pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses pembelajaran yang didesain untuk membantu siswa agar dapat berinteraksi dan bekerjasama secara kolektif, melalui tugas-tugas terstruktur guna mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif dikembangkan ke dalam berbagai teknik, seperti: Think Pair Share, Jigsaw, STAD, TGT dan sebagainya.
Tradisi pembelajaran kolaboratif berasal dari Inggris, para guru Bahasa Inggris berusaha mengeksplorasi cara-cara untuk membantu siswa agar dapat berperan lebih aktif dalam proses pembelajarannya, khususnya dalam mengkaji suatu literatur. Guru menganalisis percakapan setiap siswanya ketika sedang menelaah atau merespon bagian literatur.   Sementara pembelajaran kooperatif berkembang di Amerika dengan bersumber dari pemikiran John Dewey tentang pentingnya belajar sosial dan pemikiran Kurt Lewin  tentang dinamika kelompok. (John Myers, 1991).
Untuk melihat perbedaan dan persamaan dari kedua konsep pembelajaran ini, Matthews, et.al. (1995)  memerincinya seperti tampak dalam tabel berikut ini :
Perbedaan
Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran Kolaboratif
Para siswa menerima latihan keterampilan sosial dalam kelompok kecil.
Ada keyakinan bahwa para siswa telah memiliki keterampilan sosial yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran
Aktivitas-aktivitas terstruktur yang dirancang guru dan masing-masing siswa memiliki peran khusus.
Siswa mengatur dan menegosiasikan usahanya sendiri.
Guru mengamati, mendengarkan dan melakukan intervensi dalam kelompok jika diperlukan.
Aktivitas tidak dimonitor oleh guru. Ketika ada pertanyaan yang ditujukan kepada guru, guru membimbing siswa-siswa untuk menemukan informasi yang diperlukan.
Siswa menyerahkan tugas pada akhir pelajaran untuk dievaluasi.
Siswa menyimpan draft  untuk dilengkapi pada pekerjaan selanjutnya.
Guru melakukan asesmen kinerja siswa secara individual maupun kelompok
Siswa melakukan asesmen kinerja  secara individual maupun kelompok, berdasarkan konsensus kelompok kecil, kelas (pleno), maupun pertimbangan masyakat keilmuan pada umumnya
Selain memiliki perbedaan, kedua konsep pembelajaran ini  juga memiliki persamaan, yakni:
  • Menekankan pentingnya pembelajaran aktif
  • Peran guru sebagai fasilitator
  • Pembelajaran adalah pengalaman bersama antara  siswa dan guru
  • Meningkatkan keterampilan kognitif tingkat tinggi
  • Lebih banyak menekankan tanggungjawab siswa dalam proses belajarnya
  • Melibatkan situasi yang memungkinkan siswa dapat mengemukakan idenya dalam kelompok kecil.
  • Membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial dan membangun tim.
Materi terkait:

3 Tahun Tanpa Goresan Wiper Sedikitpun Di Kaca Depan. Mau Tahu Caranya?


goresan wiper
Sering kali saya lihat mobil dengan kasus ini dan tidak sedikit konsumen atau orang bertanya kepada saya bagaimana menghilangkan goresan bekas wiper ini.
Jawaban saya selalu….
1. Slab kaca, dengan resiko kaca bergelombang. Sejago-jagonya operatornya kaca pasti bergelombang walaupun gelombangnya sangat sedikit tetapi tetap kelihatan.
2. Klaim asuransi.
3. Ga bisa di apa-apain, itu sudah cacat permanen.
4. Ganti baru, kadang kala perlu di ganti baru kalau goresannya sudah terlalu parah dan mengganggu pandangan apalagi hujan deras malam hari.
Jika mobil anda masih gres atau kaca mobil anda masih OK tanpa goresan, saya sangat menganjurkan beberapa hal berikut ini sebagai langkah-langkah pencegahannya:
1. Ganti wiper 1 tahun sekali dengan catatan mobil anda adalah mobil sehari-hari kalau mobil anda jarang keluar ya tentunya tidak perlu 1 tahun ganti wiper, menurut pengalaman saya wiper original itu yang terbaik, ga pernah ndet-ndetan setelah beberapa bulan. Saya pernah ganti pakai yang refill tetapi baru juga 2-3 bulan sudah ndet-ndetan, ga licin lagi di permukaan kacanya.
2. Jalankan wiper ketika kondisi kaca benar-benar basah kecuali anda yakin kaca depan dan wiper anda bersih dari debu. Biasanya saya setelah tidak hujan beberapa hari dan debu mulai menumpuk di kaca depan saya tidak akan menyalakan wiper sampai hujan benar-benar membasahi kaca depan mobil saya. Ini salah satu kunci mengapa sampai sekarang kondisi kaca depan mobil saya tidak goresan wiper sama sekali.
3. Gunakan penolah air hujan seperti RainX, Glaco, Aquapel, atau Nanokote. Dengan menggunakan penolah air hujan, penggunaan wiper pun akan berkurang terutama di kecepatan tinggi, di kecepatan rendah pun masih sangat terbantu. Dengan penggunaan wiper yang tidak terlalu sering otomatis mengurangi kemungkinan kaca depan tergores selain itu juga, penggunaan penolak air hujan dapat meminimalisasi mengerasnya jamur kaca. Jadi 1 batu timpuk dua burung sekaligus. Ini hasil pengamatan saya setelah rajin-rajin menggunakan penolak air hujan, sangat membantu kalau pas hujan, apalagi untuk kaca samping supir, kaca belakang dan spion kalau pas mundur.
Gitu aja koq, mudah sekali kan pencegahannya

Cara Merawat Kaca Film

Cara Merawat Kaca Film Mobil Segera Setelah Pasang Baru

Mungkin Anda tidak menyadari, ada hal menarik saat memasang kaca film mobil yaitu sang tinter/pemasang kaca film  ternyata menggunakan air sabun biasanya sampo bayi untuk mengepas posisi kaca film. Biasanya jika lem diberi air sabun malah akan mengurangi daya rekat, kan? Tapi dengan teknologi lem yang dimiliki oleh kaca film mobil, air sabun justru akan memudahkan installer kaca film mobil untuk mengepas posisi kaca film yang sudah dipotong sesuai dengan bentuk kaca mobil.
Setelah kaca film terpasang, dan air sabun dikeluarkan sebisanya dengan menggunakan squeege atau kape plastik. Tinter kaca film akan memberi tahu Anda agar kaca jendela tidak diturunkan selama 2-3 hari. Peringatan tersebut tertera juga pada sticker yang dilekatkan di tombol power window. Agar sisa-sisa air dapat mengering dan kaca film melekat dengan sempurna, Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari. Jangan kaget jika setelah pemasangan kaca film, kaca malah tidak bening atau butek karena itu berarti kaca film mobilnya belum benar-benar kering.
Lewat pengalaman saya sebagai mantan dealer kaca film branded, apa yang disarankan oleh installer itu betul,  tapi ada beberapa hal yang sebaiknya Anda tahu dan saya ingin tambahkan mengenai pemasangan kaca film mobil, berikut ini:
A. Akan jauh lebih baik jika memasang kaca film sejak mobil Anda masih baru. Alasannya adalah agar bagian dalam pintu tidak terlalu kotor. Seiring dipakainya mobil, bagian sela-sela pintu dimana keluar masuknya kaca dan ujung-ujung bertemunya kaca dengan karet akan mengumpulkan kotoran. Akibatnya ketika memasang kaca film, bagian-bagian ujungnya rentan terkena kotoran yang terperangkap di dalamnya. Pada akhirnya akan menimbulkan bercak barupa titik-titik akibat kotoran yang terperangkap pada kaca film.
Rasanya memang sayang jika harus melepas kaca film mobil bawaan dealer, tapi tak perlu khawatir, Anda bisa siasati dengan menanyakan merk kaca film bawaan dealer dan tipenya. Setelah itu Anda tinggal main ke toko aksesoris mobil atau toko spesialis kaca film mobil dan survey ke pasar/market kaca film mobil. Dengan begitu Anda jadi tahu kaca film bawaan mobil Anda itu sudah termasuk yang punya kualitas baik yang mana bisa terus digunakan, atau sebaliknya apakah  sebaiknya dicopot dan diganti dengan kaca film aftermarket yang lebih baik kualitasnya.
B. Ada suatu kejadian dimana saat saya memasang kaca film baru untuk mobil saya, cuaca tidak bersahabat. Hujan terus hampir semingguan lamanya. Akibatnya kaca mobil kurang terjemur. Yang  biasanya harus menunggu 2-3 hari sampai kaca bisa diturunkan, saya lantas memutuskan untuk memperpanjang waktu pengeringan sampai 1 minggu. Padahal  saat itu saya masih aktif bolak balik Bandung-Jakarta, pada  akhirnya setiap bayar tol dan ambil tiket harus membuka pintu, wah repotnya!
C. Apabila kaca film kotor karena telapak tangan, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan pembersih kaca dan lap microfiber, atau hanya menggunakan air dan tissue saja dengan hati-hati tanpa terlalu menekan permukaan kaca, dan hindari bagian ujung-ujung kaca film dimana kaca film bertemu dengan kaca.

Cara Merawat Kaca Film Mobil Seminggu setelah Pasang Baru dan Selanjutnya

Apabila Anda memasang kaca film branded seperti kaca film 3M, V-Kool, Llumar, Solar Gard, Spectrum, Johnson, Eclipse, CPF, dan lain-lain -yang biasanya memberikan garansi minimal 5 tahun- merawat kaca film akan jauh lebih mudah, karena sudah dari sononya kualitas kaca film dan lemnya sudah sangat baik. Jadi tak perlu takut jika baru 1 tahun kaca film sudah berubah warna atau menimbulkan gelembung-gelembung udara pada kaca film.
Pada dasarnya kaca film mobil bebas perawatan setelah benar-benar mengering.  Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membersihkannya secara berkala, biasanya dari debu, keringat dari sidik jari atau tangan. Dan bagi Anda yang memiliki anak yang suka berkeliaran di mobil, kaca mobil dan interior mobil bisa jadi akan butuh lebih sering dibersihkan.
Tips Membersihkan Kaca Film Mobil:
  1. Gunakan pembersih kaca khusus untuk mobil dan pastikan untuk membaca bagian belakang botolnya apakah aman untuk kaca film mobil atau tidak. Jangan menggunakan pembersih kaca rumah karena mengandung amonia dengan kandungan cukup tinggi. Dari pengalaman saya, produk Meguiar’s Detailer Line yang namanya Glass Cleaner pun sebenarnya baunya seperti amonia dan wadah botol sprayer pun berubah warna dari putih bening menjadi agak kuning padahal Meguiar’s Glass Cleaner meng-klaim bahwa produk mereka tidak mengandung amonia. Tetapi lewat pengalaman bertahun-tahun menggunakan Meguiar’s Glass Cleaner pada kaca film Llumar, tidak berubah warna ataupun akhirnya rusak karena mengeras. Jika tidak punya Glass Cleaner pun tidak apa-apa, cukup gunakan air.
  2. Gunakan lap microfiber bukan lap chamois karena jauh lebih efektif apalagi dengan menggunakan cairan pembersih kaca khusus untuk kaca mobil, karena cairan tersebut bisa menguap dan tidak meninggalkan bekas sapuan lap sama sekali. Yang perlu diingat disini adalah jangan mencampur lap microfiber untuk mengeringkan atau kumpon atau juga wax  untuk kaca. Karena sedikit banyak biasanya masih akan ada sisa kumpon/wax nya.
  3. Gunakan teknik yang baik. Maksudnya semprotkan cairan pembersih kaca pada kaca film lalu ratakan ke ½ area kaca, lalu balikkan lap microfibernya dan sapukan pada area sebelumnya untuk mengeringkan. Dengan teknik ini setiap kaca film akan bersih total tanpa bekas sapuan lap.
  4. Jangan pernah menggunakan koran bekas karena ini bukan kaca film rumah walaupun kaca film memiliki lapisan scratch resistant, tetapi sebaiknya hanya gunakan koran bekas untuk kaca rumah saja.
Merawat kaca film mobil adalah hal yang sangat mudah, jika Anda malas pun tidak akan mengakibatkan apa-apa kecuali bagian kaca bagian dalam yang kotor oleh telapak tangan anak Anda. Namun jika sampai menghalangi pemandangan seperti kaca bagian depan, sebaiknya langsung dibersihkan. Untuk mendapatkan kaca film mobil yang terawat dan bersih hanya cukup luangkan waktu 10 menit dan biasanya bisa digabung ketika cuci mobil dan membersihkan interior.

Struktur Kurikulum 2013

Dalam teori kurikulum (Anita Lie, 2012) keberhasilan suatu kurikulum merupakan proses panjang, mulai dari kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan, perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, tata kelola pelaksanaan kurikulum --termasuk pembelajaran-- dan penilaian pembelajaran dan kurikulum.
Struktur kurikulum dalam hal perumusan desain kurikulum, menjadi amat penting. Karena begitu struktur yang disiapkan tidak mengarah sekaligus menopang pada apa yang ingin dicapai dalam kurikulum, maka bisa dipastikan implementasinya pun akan kedodoran.
iklan4-gbr1
iklan4-tabel1
iklan4-tabel2
Pada titik inilah, maka penyampaian struktur kurikulum dalam uji publik ini menjadi penting. Tabel 1 menunjukkan dasar pemikiran perancangan struktur kurikulum SD, minimal ada sebelas item. Sementara dalam rancangan struktur kurikulum SD ada tiga alternatif yang di mesti kita berikan masukan.

iklan4-tbl2 Di jenjang SMP usulan rancangan struktur kurikulum diperlihatkan pada tabel 2. Bagaimana dengan jenjang SMA/SMK? Bisa diturunkan dari standar kompetensi lulusan (SKL) yang sudah ditentukan, dan juga perlu diberikan masukan.
Tiga Persiapan untuk Implementasi Kurikulum 2013
ADA pertanyaan yang muncul bernada khawatir, dalam uji publik kurikulum 2013? Persiapan apa yang dilakukan Kemdikbud untuk kurikulum 2013? Apakah sedemikian mendesaknya, sehingga tahun pelajaran 2013 mendatang, kurikulum itu sudah harus diterapkan. Menjawab kekhawatiran itu, sedikitnya ada tiga persiapan yang sudah masuk agenda Kementerian untuk implementasi kurikulum 2013. Pertama, berkait dengan buku pegangan dan buku murid. Ini penting, jika kurikulum mengalami perbaikan, sementara bukunya tetap, maka bisa jadi kurikulum hanya sebagai “macan kertas”.
Pemerintah bertekad untuk menyiapkan buku induk untuk pegangan guru dan murid, yang tentu saja dua buku itu berbeda konten satu dengan lainnya.
Kedua, pelatihan guru. Karena implementasi kurikulum dilakukan secara bertahap, maka pelatihan kepada guru pun dilakukan bertahap. Jika implementasi dimulai untuk kelas satu, empat di jenjang SD dan kelas tujuh, di SMP, serta kelas sepuluh di SMA/SMK, tentu guru yang diikutkan dalam pelatihan pun, berkisar antara 400 sampai 500 ribuan.
Ketiga, tata kelola. Kementerian sudah pula mnemikirkan terhadap tata kelola di tingkat satuan pendidikan. Karena tata kelola dengan kurikulum 2013 pun akan berubah. Sebagai misal, administrasi buku raport. Tentu karena empat standar dalam kurikulum 2013 mengalami perubahan, maka buku raport pun harus berubah.
Intinya jangan sekali-kali persoalan implementasi kurikulum dihadapkan pada stigma persoalan yang kemungkinan akan menjerat kita untuk tidak mau melakukan perubahan. Padahal kita sepakat, perubahan itu sesuatu yang niscaya harus dihadapi mana kala kita ingin terus maju dan berkembang. Bukankah melalui perubahan kurikulum ini sesungguhnya kita ingin membeli masa depan anak didik kita dengan harga sekarang.

Macam-Macam Metode Pembelajaran

metode pembelajaran

Pada dasarnya guru adalah seorang pendidik. Pendidik adalah orang dewasa dengan segala kemampuan yang dimilikinya untuk dapat mengubah psikis dan pola pikir anak didiknya dari tidak tahu menjadi tahu serta mendewasakan anak didiknya. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh guru adalah dengan mengajar di kelas. Salah satu yang paling penting adalah performance guru di kelas. Bagaimana seorang guru dapat menguasai keadaan kelas sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian guru harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.
Tiap-tiap kelas bisa kemungkinan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dengan kelas lain. Untuk itu seorang guru harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran. Disini saya akan memaparkan beberapa metode pembelajaran menurut Ns. Roymond H. Simamora, M.Kep yang dapat kita digunakan.

Macam-Macam Metode pembelajaran :

1. Metode Ceramah


Metode pembelajaran ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), melalui ceramah, dapat dicapai beberapa tujuan. Dengan metode ceramah, guru dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi pendengarnya.
Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan metode ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar didapatkan.
2. Metode Diskusi
Metode pembelajaran diskusi adalah proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka. Pembelajaran yang menggunakan metode diskusi merupakan pembelajaran yang bersifat interaktif (Gagne & Briggs. 1979: 251).
Menurut Mc. Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya, dibanding metode ceramah, metode diskusi dapat meningkatkan anak dalam pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah. Tetapi dalam transformasi pengetahuan, penggunaan metode diskusi hasilnya lambat dibanding penggunaan ceramah. Sehingga metode ceramah lebih efektif untuk meningkatkan kuantitas pengetahuan anak dari pada metode diskusi.
3. Metode Demonstrasi
Metode pembelajaran demontrasi merupakan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti: Bagaimana cara mengaturnya? Bagaimana proses bekerjanya? Bagaimana proses mengerjakannya. Demonstrasi sebagai metode pembelajaran adalah bilamana seorang guru atau seorang demonstrator (orang luar yang sengaja diminta) atau seorang siswa memperlihatkan kepada seluruh kelas sesuatau proses. Misalnya bekerjanya suatu alat pencuci otomatis, cara membuat kue, dan sebagainya.
Kelebihan Metode Demonstrasi :
a. Perhatian siswa dapat lebih dipusatkan.
b. Proses belajar siswa lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari.
c. Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri siswa.
Kelemahan metode Demonstrasi :
a. Siswa kadang kala sukar melihat dengan jelas benda yang diperagakan.
b. Tidak semua benda dapat didemonstrasikan.
c. Sukar dimengerti jika didemonstrasikan oleh pengajar yang kurang menguasai apa yang didemonstrasikan.
macam-macam metode pembelajaran

Macam-Macam Metode pembelajaran

4. Metode Ceramah Plus
Metode Pembelajaran Ceramah Plus adalah metode pengajaran yang menggunakan lebih dari satu metode, yakni metode ceramah yang dikombinasikan dengan metode lainnya. Ada tiga macam metode ceramah plus, diantaranya yaitu:
a. Metode ceramah plus tanya jawab dan tugas
b. Metode ceramah plus diskusi dan tugas
c. Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan (CPDL)
5. Metode Resitasi
Metode Pembelajaran Resitasi adalah suatu metode pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri.
Kelebihan Metode Resitasi adalah :
a. Pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari hasil belajar sendiri akan dapat diingat lebih lama.
b. Peserta didik memiliki peluang untuk meningkatkan keberanian, inisiatif, bertanggung jawab dan mandiri.
Kelemahan Metode Resitasi adalah :
a. Kadang kala peserta didik melakukan penipuan yakni peserta didik hanya meniru hasil pekerjaan orang lain tanpa mau bersusah payah mengerjakan sendiri.
b. Kadang kala tugas dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan.
c. Sukar memberikan tugas yang memenuhi perbedaan individual.
6. Metode Eksperimental
Metode pembelajaran eksperimental adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.
7. Metode Study Tour (Karya wisata)
Metode study tour Study tour (karya wisata) adalah metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.
8. Metode Latihan Keterampilan
Metode latihan keterampilan (drill method) adalah suatu metode mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada peserta didik, dan mengajaknya langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: membuat tas dari mute). Metode latihan keterampilan ini bertujuan membentuk kebiasaan atau pola yang otomatis pada peserta didik.
9. Metode Pengajaran Beregu
Metode pembelajaran beregu adalah suatu metode mengajar dimana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas.Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai kordinator. Cara pengujiannya,setiap pendidik membuat soal, kemudian digabung. Jika ujian lisan maka setiapsiswa yang diuji harus langsung berhadapan dengan team pendidik tersebut
10. Peer Theaching Method
Metode Peer Theaching sama juga dengan mengajar sesama teman, yaitu suatu metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri.
11. Metode Pemecahan Masalah (problem solving method)
Metode problem solving (metode pemecahan masalah) bukan hanyasekadar metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebabdalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya yang dimulaidengan mencari data sampai pada menarik kesimpulan.
Metode problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir danmenggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan olehsiswa. Seorang guru harus pandai-pandai merangsang siswanya untuk mencobamengeluarkan pendapatnya.
12. Project Method
Project Method adalah metode perancangan adalah suatu metode mengajar dengan meminta peserta didik merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian.
13. Taileren Method
Teileren Method yaitu suatu metode mengajar dengan menggunakan sebagian-sebagian,misalnya ayat per ayat kemudian disambung lagi dengan ayat lainnya yang tentusaja berkaitan dengan masalahnya
14. Metode Global (ganze method)
Metode Global yaitu suatu metode mengajar dimana siswa disuruh membaca keseluruhan materi, kemudian siswa meresume apa yang dapat mereka serap atau ambil intisaridari materi tersebut.

Demikian macam-macam metode pembelajaran

Semoga dapat menjadi bahan acuan dalam menerapakan metode pembelajaran untuk peserta didik.
Buku acuan : Simamora, Roymond H. (2009). BUKU AJAR PENDIDIKAN DALAM KEPERAWATAN. Jakarta : EGC

TiPs hidupin AC

Ya. Bila kita ingin menghidupkan AC mobil, lakukanlah pada saat RPM rendah. Posisi RPM (atau rotation per minute) rendah ada pada saat mesin idle, ketika pedal gas tidak kita injak. Langkah seperti ini perlu kita lakukan bila kita ingin merawat AC. Alasan teknis langkah ini sebenarnya sangat sederhana. Yaitu, untuk menghindari gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate (plat penekan) pada kompresor AC. Pulley dan pressure plate memang menjadi komponen yang sangat penting dalam sistem kerja AC. Pressure plate adalah komponen yang bertugas sebagai penghubung sehingga poros kompresor AC dapat berputar. Tugas sebagai penghubung itu baru bisa dijalankan setelah pressure plate menempel ke pulley. Pressure plate ini akan mendekati (sampai melekat) ke pulley ketika kita menghidupkan AC. Masalahnya, pulley adalah komponen yang selalu berputar selama mesin hidup. Dan, putaran pulley itu berubah-ubah. Kadang cepat, kadang lambat. Tinggi rendahnya putaran pulley tergantung kerja mesin. Pulley akan berputar cepat ketika putaran mesin per menit (RPM) tinggi. Sebaliknya, lambat saat putaran mesin per menit rendah. Dari cara kerja itu kita bisa memperkirakan, kapan waktu yang tepat untuk menempelkan pressure plate ke pulley. Dan kita pun bisa membayangkan apa yang terjadi bila kita menempelkan pressure plate pada saat putarannya sangat kencang. Pada putaran kencang, gesekan antara permukaan pressure plate dan pulley akan sangat keras. Bila kebiasaan ini terus terulang, permukaan gesek dua komponen ini akan cepat aus. Bila sudah terlanjur aus, efek berikutnya cukup merepotkan: tenaga putar mesin tidak dapat diteruskan secara maksimal ke kompresor AC. Teknisi menyebut kondisi ini dengan istilah slip. Ada dua dampak lanjutan yang umumnya pengendara rasakan bila terjadi slip. Pertama, AC terasa kurang dingin. Kedua, terdengar suara berisik pada kompresor AC. Dampak yang membuat kita kurang nyaman, bukan? Karena itu, bila ingin menghidupkan AC, lakukanlah pada saat RPM rendah

Percantiiikkk mobilmu

Kata siapa mengembalikkan kondisi mobil seperti baru kembali hanya dapat dikerjakan oleh salon mobil?

Di panduan ini saya telah menuliskan teknik-teknik cara pengerjaan yang disertai penjelasan yang saya tulis langkah demi langkah beserta foto pengerjaannya dimana anda dapat langsung mempraktekkannya untuk tidak hanya hasil yang mengkilap dan bersih saja tetapi lebih dari itu. Anda juga dapat melakukannya di garasi rumah anda dan tanpa harus menggunakan mesin, mesin yang anda butuhkan hanya penyedot debu saja.
Apakah anda masih membaca sampai sini? Sip, anda bisa mencoba teknik yang satu ini.
Dengan teknik yang satu ini saya akan menunjukkan kepada anda bahwa teknik-teknik pengerjaan yang kelihatannya sulit sebenarnya dapat anda lakukan dengan mudah dan benar dirumah. Ketika anda sudah memiliki panduan terlengkap ini berserta bonusnya, langsung cek halaman 143 pada bagian Tamhbahan. Di halaman ini saya menjelaskan bagaimana menghilangkan sisa cat ketika bumper mobil anda terserempet oleh mobil, motor atau bajaj tanpa harus menggunakan mesin poles.
Bagaimana menghilangkan cat mobil lain yang menempel di cat mobil anda
Ketika mobil anda terserempet mobil lain, motor, bajaj, gerobak, dll biasanya meninggalkan sedikit sisa cat. Jika anda beruntung hanya meninggalkan goresan ringan atau sedang dan tidak sampai ke lapisan primer/dempul. Proses menghilangkan cat yang terserempet tadi secara umum sama seperti menghilangkan goresan halus. Lihat foto-foto dibawah untuk contoh pengerjaanya.
Alat-alat dan cairan yang digunakan:
  1. Kumpon halus
  2. Lap microfiber tipe terry
  3. Applicator pad busa
Proses pengerjaan:
  • 1. Kondisi awal
  • 2. Applikasikan kumpon halus sedikit saja. Disini saya menggunakan Meguiar’s ScratchX.
    (Pada bagian utama panduan saya beri tahu lebih dari satu merk kumpon halus yang saya telah buktikan bagus)
  • 3. Gosokkan bolak balik atau atas bawah dengan tenaga. Pada kasus ini saya gosok +- 3 kali dimana 1 kali sama dengan kurang lebih 10-20 gosokkan.
  • 4. Setelah 3- 4 kali dan di lap. Cat hilang tinggal sisa goresan-goresan bekas terserempet.

Catatan: Pada kasus terserempet kemungkinan besar selalu mengakibatkan goresan, entah goresan sedang atau dalam. Kalau kasusnya begitu, setelah catnya bersih anda lihat dan putuskan apakah goresannya termasuk tipe yang mana. Setelah itu baru diselesaikan sesuai tipe goresannya.
Di panduan terlengkap ini beserta bonusnya terdapat lebih dari 40 proses pengerjaan and plus teknik-teknik lainnya yang lebih mendetil yang pastinya sangat efektik dan bisa anda lakukan sendiri. Semuanya saya jelaskan dengan foto-foto langkah demi langkah cara pengerjaannya, penjelasan, catatan tambahan dan cara pencegahannya jika memungkinkan. Jadi anda dapat langsung mempraktekannya tanpa takut salah.

Struktur Part Transmisi Manual Penggerak Depan

aceace1

Tips merawat toyota kijang di musim hujan


Musim hujan telah datang, sebagian orang memandang musim hujan sebagai sebuah berkah, namun tak begitu halnya bagi pemilik mobil kijang , hujan membuat mobil kotor dan tak sedap dipandang mata.
Apalagi jika anda tinggal di kawasan yang rawan banjir dan pasti anda tak ingin mobil kesayangan Anda tergenang air, karena mobil secanggih apapun, sebetulnya tak pernah dirancang untuk tahan air.
Selain itu keutuhan sejumlah komponen, baik dalam mesin maupun komponen penggerak juga perlu dijaga dari ancaman air. Paling tidak sebagai persiapan mobil tak mogok walau terus diguyur hujan atau malahan terpaksa melewati beberapa genangan. Meskipun terkadang pemeriksaan sederhana ini berbuntut kunjungan kita ke bengkel langganan bila memang terdapat beberapa kerusakan serius.
Bukankah lebih baik mencegah dari pada mogok saat banjir melanda atau saat hujan deras menguyur mobil Anda. So, tak ada salahnya kita mencermati dan mengamati trik dan tips bagaimana cara merawat dan membersihkan mobil di musim hujan.
* Seperti kita tahu air hujan banyak mengandung garam dan butir-butir kotoran halus, karena itu jangan langsung mengelapnya, lebih baik basahilah dahulu bodi mobil Anda dengan air bersih sampai merata. Kemudian cucilah mobil dengan sampoo berbusa rendah dan bilaslah kembali secara merata serta mengelapnya.
* Jangan meninggalkan kotoran atau garam oleh air hujan pada bodi mobil lebih dari 3 hari, karena akan menyebabkan timbulnya karat, jamur serta noda-noda air yang mengering.
* Bersihkan mobil Anda secara menyeluruh, seperti: engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin, dll. Jangan meninggalkan bekas air sehabis mencuci pada bodi mobil terlalu lama karena dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.
* Bersihkan mobil anda sebagian dahulu atau separuh setelah selesai baru kemudian yang lain.
* Hindari pencucian mobil dengan shampoo yang berbusa tinggi, jika tidak terlalu kotor, cukup dengan air saja.
*Pemeriksaan Komponen

Periksa sistem pembakaran
Periksa seluruh komponen sistem pembakaran seperti tangki bahan bakar, saluran bahan bakar, pompa bahan bakar, saringan bahan bakar apakah perlu diganti atau tidak dan jangan lewatkan komponen sistem pembuangan, gas buang, dan rangkaian knalpot.
Pemeriksaan ini perlu karena kebocoran itu tak saja membuat terbuangnya BBM secara percuma. Bahkan bisa membuat masuknya air ke dalam tangki bensin atau tabung dalam rangkaian knalpot mobil. Bila hal itu terjadi kerusakan lebih parah pasti akan terjadi pada sistem mekanis mesin lainnya.
Periksa sistem pengapian
Periksa komponen sistem pengapian. Cek saat pengapian dan lakukan penyetelan saat pengapian yang tepat. Periksa keadaan koil dan platina. Pastikan busi dalam keadaan bersih dari kotoran, periksa keadaan busi dari kemungkinan elektroda yang aus atau terbakar.
Ganti kabel busi bila sudah bocor, keras atau terlalu tua. Pemeriksaan lebih detail harus dilakukan pula pada penutup busi, koil atau distributor. Bila bagian ini terdapat celah atau lobang, guyuran air akan mematikan kelistrikan mobil bersangkutan.
Periksa sistem kelistrikan
Periksa komponen sistem kelistrikan apakah semua berfungsi dengan baik, seperti apakah ada kabel yang mengelupas, putus, kendor dan kerusakan lain. Periksa lampu-lampu kendaraan apakah ada yang putus. Periksa pula instrumen switch lampu. Masuknya air dalam sistem perlistrikan dan kabel bakal menyulut terjadinya hubungan arus pendek dan membuat mobil segera mogok jika bagian ini basah.
Periksa dinamo starter
Periksa apakah motor starter berfungsi dengan baik. Apakah motor starter lancar, tidak tersendat-sendat. Paling mudah terpantau saat dinamo stater mengalami kerewelan adalah susahnya mesin mobil dihidupkan. Pastikan pula arus yang mengalir ke motor starter kuat untuk memutar motor starter.
Bila keempat bagian ini benar-benar tak luput dari pemantauan, mobil bakal jauh dari momok ‘mogok’ walau setiap hari terguyur hujan bahkan saat Anda terpaksa menghadapi genangan air. Saat menghadapi genangan jangan panik, sejauh tak terlampau tinggi kurang dari setengah roda mobil. Dengan perlahan dan pertahankan tekanan gas dalam posisi tetap. Selamat berhujan-hujan!

Tips Merawat Mobil Bekas

Merawat mobil bekas adalah hal yang wajib, tidak hanya mobil baru yang perlu di rawat namun mobil bekas pun haruslah di rawat dengan baik dan benar agar performa mobil tersebut akan tetap prima dan nyaman di pakai saat perjalanan jauh maupun dekat. Mobil bekas memanglah tidak sebaik mobil baru namun jika Anda merawatnya dengan benar mobil bekas bahkan bisa melebihi kualitas mobil baru.
Mobil bekas ataupun Mobil antik sangat rentan akan hal-hal teknis yang mengakibatkan mobil tidak berdayaguna maksimal, sehingga perlu kiranya mobil beeas anda mendapat layaknya perawatan sehingga kondisinya tetap maksimal dan aman untuk dikendarai.
Terlebih lagi jika Anda merupakan penjual atau pemilik showroom mobil bekas atau usaha rental mobil, jika keadaan mobil bekas tidak dalam kondisi baik maka orang lain enggan untuk membeli mobil bekas yang Anda miliki. Namun jika Anda adalah seorang pengguna atau konsumen mobil bekas diharapkan dapat merawat mobil bekas agar tetap dalam kondisi baik dan awet.
Merawat mobil bekas dapat Anda lakukan secara otodidak atau melakukan perawatan sendiri terlebih lagi jika mobil bekas tersebut baru berusia di bawah 10 tahun. Dengan usia mobil yang masih dini, ditambah Anda telah merawatnya maka mobil bekas tersebut akan selalu dalam kondisi yang terbaik
Berikut ini adalah beberapa tips merawat mobil bekas :
  1. Periksa mesin mobil bekassetiap sebelum berkendara, dengan selalu mengecek Anda pasti tahu bagaimanca keadaan mobil Anda jika dirasa sudah mulai tidak nyaman di kendarai sebaiknya segera cek seluruh bagian mesin apakah ada yang rusak atau tidak
  2. Rutin periksa Ban, Ketika anda ingin bepergian atau menggunakan mobil bekas Anda sebaiknya  selalu periksa ban anda. Baik itu ketebalan maupun tekanan ban hal ini dilakukan untuk bertujuan  menghindari kerusakan atau bahkan kecelakaan yang diakibatkan karena kurangnya tekanan atau ban bocor di jalan raya.
  3. Sebisa mungkin hindari menghantam lubang dalam kecepatan tinggi.Bila terlalu sering dipaksakan, umur suspensi dan ban akan cepat rusak
  4. Ganti oli, Usahakan mengganti oli kendaraan anda secara rutin setiap penggunaan yang berjarak 3000-5000 mil. Ini mencegah kerusakan pada mesin yang ada dalam mobil agar tetap awet dan nyaman ketika digunakan.
  5. Knalpot, Untuk salah satu komponen mobil ini pastikan tidak ada yang menyumbat gas buangan mobil ini serta pastikan aliran udara berjalan dengan baik.
  6. Periksa minyak pelumas, beberapa cairan dan minyak pelumas  perlu secara  rutin diperiksa diantaranya adalah Power steering, rem, antibeku, mesin cuci pelarut dan cairan transmisi. hal ini berfungsi untuk melancarkan komponen mobil bekas dalam bekerja.
  7. Lampu Mobil, Perawatan lampu mobil dengan memastika lampu depan belakang masi bekerja juga perlu diperhatikan demi kenyamanan anda dalam berkendara, segera periksa dan segera ganti lampu mobil anda jika terjadi kerusakan.
  8. Baterai dan Kabel, bersihkan secara berkala juga posting baterai bila perlu, serta waspadai timbul korosi atau karat. Periksalah cairan baterai kecuali untuk baterai yang bebas pemeliharaan.
  9. Wiper, Komponen ini sangat penting juga perlu pemeriksaan dan dijaga untuk menjaga agar kaca mobil tetap bersih dan bening sehingga tidak menghalangi padangan.
  10. Sabuk mesin, Pastikan sabuk mesin pada setiap knicks terikat dengan benar pada tempatnya. Untuk menghindari hal-hal yang justru mengakibatkan kerusakan lebih fatal karena kurangnya perawatan.
  11. Rawatlah kopling dengan sebaik-baiknya.Kopling bisa dirawat dengan melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin. Gunakan selalu gigi satu untuk start awal mobil bekas Anda. Jika menggunakan gigi di atasnya, kopling akan dibebani secara berlebihan dan mempercepat keausan. Terakhir, netralkan tuas transmisi jika mobil bekas Anda sedang berhenti di lampu lalu lintas

Pemahaman Tentang sistem pendingin Timor


Radiator
Beberapa pengguna mobil baik timor atau lainnya masih kebingungan dengan sistem kerja kipas fan radiator dan extra fan AC. masih banyak yang salah kaprah memahaminya dan membedakan tiap-tiap jenis sistem pendingin pada mobil. Tidak semua mobil memiliki cara yang sama dalam hal pendinginan mesin, ada perbedaan tergantung dari jenis mesinnya. Saya sendiri tidak memahami dalam segi elektrikal, maklum saya lulusan informatika yang ngertinya cuma sistem komputer tapi saya mau berbagi penjelasan yang akan mudah dipahami oleh temen-temen pembaca dan apabila ada temen-teman pembaca yang bisa menambahkan silahkan menambahkannya dikolom komentar ya. Sistem pendinginan (cooling fan) radiator dan ekstra Fan AC sebenarnya sangat mudah dipahami, kedua part ini memang bekerja sesuai dengan perintah sensor-sensor komputerisasi, namun ada perbedaan sedikit dari tipe SOHC dan DOHC. berhubung saya pengguna DOHC, saya akan menjelaskan dahulu yang menggunakan sistem injeksi ya. saya akan memberitahu cara kerja kipas sebenarnya, bila tidak sesuai dengan apa yang saya tulis berarti ada kesalahan pada sistem pendingin mobil anda.
Saat memanaskan mobil kipas radiator tidak akan langsung menyala begitu juga dengan ekstra fan, banyak orang salah kaprah dengan memvonis kipas nya mati atau sistem kelistrikannya salah padahal kipas radiator akan berputar ketika air didalam radiator mengalami pemanasan dan panas air radiator akan membuat proses pemasanan mesin berjalan baik. ketika air radiator panas, sistem sensor WTS mengalami pemanasan juga karena ujung WTS yang menancap pada mesin menyentuh aliran air radiator yang berputar mengelilingi bagian mesin. ujung WTS akan menaikkan nilai titik didih dan ketika sudah mencapai derajat panas yang diharapkan (kurang lebih 80-90derajat) maka wts akan memberikan sinyal ke ECU dan si ecu memerintahkan kipas radiator untuk berputar “ayo om berputar…. wrrwrwrrwrrrrr”. ketika kipas radiator berputar maka akan terjadi penyurutan titik didih sehingga balance tidak melebihi sampai 100derajat celcius dan ketika titik didih menurun hingga dibawah 80 derajat celcius, wts akan memerintahkan ecu untuk menghentikan laju putar si kipas radiator “om kipas, sudah cukup kamu berputar ya, nanti berputar lagi jika ane suruh”. selanjutnya titik didih air radiator akan kembali naik lagi dan kipas akan berputar kembali, sehingga kipas radiator terlihat nyala hidup nyala hidup dalam rentan waktu sekitar 10 menit.
penurunan titik didih dipengaruhi oleh keadaan mesin, lingkungan dan kecepatan, jika kita semakin ngebut maka titik didih akan cepat menurun dan apabila keadaan lingkungan sedang macet total maka titik didih akan cepat naik bahkan stabil membuat kipas radiator terus menyala, tidak apa-apa ini normal berarti WTS selalu menjaga kinerja panas mesin secara optimal. Lalu kenapa kipas harus nyala mati menjaga suhu?, jawabannya simple saja karena mesin butuh panas mesin yang tidak berlebih dan juga tidak kurang. didalam mesin terdapat liquid atau cairan seperti oli yang membutuhkan panas mesin yang optimal serta stabil, jika panas mesin tidak mencukupi maka kinerja oli tidak maksimal begitu juga apabila panas mesin menjadi lebih tinggi maka akan terjadi proses penguapan akibat titik didih terlalu tinggi.
Penjelasan diatas merupakan saat mesin dihidupkan tanpa menggunakan AC ya. Lalu jika mesin dihidupkan dengan menggunakan AC maka ada perbedaan dalam pendinginan. ketika tombol ac ditekan maka kipas radiator dan extra fan akan menyala secara bersamaan, ketika penggunaan ac terus dilakukan maka kipas radiator akan terus ikut berputar membantu mendinginkan mesin bersama dengan extra fan. kenapa kipas radiator tidak berhenti berputar atau kenapa extra fan berputar terus?, saat penggunaan AC kinerja mesin (RPM) menjadi lebih tinggi karena mesin harus memutar kompresor ac agar angin dingin berhembus kedalam kabin. karena hal tersebutlah mesin menjadi lebih panas sehingga butuh bantuan tambahan kipas agar air radiator tidak melebihi dari titik didih yang diharapkan. andai salah satu kipas tidak menyala ketika ac dihidupkan, niscaya akan overheat secara perlahan-lahan. walaupun mesin dalam keadaan dingin tapi AC dihidupkan maka kipas radiator juga akan berputar bersama’an dengan extra fan. ketika dimatikan kipas radiator akan mati sampai keadaan titik didih tinggi tercapai.
cara mengecek kipas radiator berputar atau tidak caranya gampang, cukup cabut soket wts nya saja dan kipas akan berputar sendiri tanpa berhenti. kalaupun ketika soket wts dicabut kipas tidak berputar maka ada kemungkinan motor atau relay kipas radiator bermasalah, silahkan dicek motor dan relaynya. begitu juga apabila extra fan tidak menyala biasanya hanya relay extra fan nya putus atau motor nya mati. kinerja kipas yang lemah juga dapat membuat pendinginan berkurang hingga akhirnya overheat atau indikator radiator stabil diatas setengah. Untuk sistem SOHC, walaupun wts nya dicabut, kipas juga tidak akan menyala, untuk mengeceknya hanya dengan cara mencabut socket power kipas dan dijumper langsung ke aki. apabila tidak menyala ada kemungkinan relaynya tewas atau motornya sudah lemah. Apapun sistem pembakarannya (SOHC atau DOHC) indikator pendinginan harus setengah kurang dikit, tidak boleh seperempat atau pun lebih dari setengah. kenapa? karena mesin butuh suhu yang optimal agar kinerjanya baik.
Contoh kasus 1 :
Kipas radiator saya menyala terus saat mesin dipanaskan
Kemungkinan besar socket WTS nya dicabut (untuk DOHC) atau sistem kelistrikan fan radiatornya dilangsungkan sehingga kipas akan terus menyala tanpa henti. cara seperti ini sering banget dilakukan para bengkel untuk mencari jalan pintas menghentikan penyakit overheat padahal cara seperti ini tidak baik bagi mesin karena mesin butuh suhu optimal tidak boleh dingin ataupun terlalu panas. selain itu usia motor kipas radiator akan mudah cepat mati dan starter mesin jadi berat karena kelistrikan langsung terbagi dengan daya listrik kipas radiator. lebih baik diperbaiki ke seperti semula, jangan takut overheat walaupun kipas radiator tidak selalu menyala selama sistem pendinginan berjalan baik dan benar. oh iya, jika kipas selalu menyala dapat membuat pembakaran lebih boros karena pihak ECU akan membaca jika mesin butuh asupan bahan bakar lebih agar panas mesin bisa tercapai suhu optimalnya. kasus ini juga terjadi jika thermostat dilepas.
Contoh kasus 2 :
Kipas radiator berputar dan extra fan berputar tapi masih overheat
Cek kondisi air radiatornya, jangan sampai kurang karena kalau kurang atau habis ya percuma saja kedua kipas berputar karena tidak terdapat cairan yang membantu dalam pendinginan. bisa juga kemungkinan putaran salah satu kipas lemah sehingga tidak dapat memberikan kinerja yang baik. cek hembusan kipas saat menyala, memang agak sulit sih membedakannya apalagi buat yang tidak terbiasa cek hembusan angin kipas. apabila terasa hembusan kencang, air radiator normal tidak kurang, jangan2 pompa air (waterpump) macet sehingga air radiator tidak mengalir tapi biasanya tidak lama Waterpump akan jebol.
Apabila ada tambahan mengenai sistem pendinginan kipas radiator si timor, silahkan menulisnya di kolom komentar ya, nanti saya tarik ke artikel tulisannya. semoga dapat dipahami dan tidak ada lagi yang bingung mengenai sistem pendinginan ini. mohon maaf apabila ada kesalahan tulisan karena maklum saya newbie hanya ingin berbagi pengalaman serta ilmu yang didapat dari para suhu pertimoran

Cara Bongkar Pasang Kipas Radiator


hari senin mengalami kejadian cukup bikin kesel, sudah terkena traffic jam eh tiba-tiba temperatur naik ke setengah lebih satu strip, wah ada apa ini kok tiba-tiba gejala operhit. akhirnya dipaksa jalan sampai ketemu SPBU buat mengecek kondisi mobil yang memang sudah muncrat air reservoirnya karena kepanasan, hadeeehhh… semenjak mobil balik ke pangkuan masalahnya selalu operhit padahal belum pernah kaya gini sampai ngabisin 6 relay kepanasan. setelah di cek ternyata bilah kipas lepas dari dudukannya..
hari jumat saya bawa ke kantor karena kipas sudah di benerin dan bilah kipas sudah dipasang dengan baik tapi mungkin takdir berkata lain, tiba-tiba dari kap mesin keluar asap putih pekat layaknya mobil terbakar. akhirnya saya buru-buru cari rest area sekitar tol dan langsung buka kap mesin setelah mobil berhenti dengan cantik. Satpam rest area sempet panik ngejar mobil saya karena takut kebakar, hehehe padahal saya tahu kalau memang mobil kebakar asapnya hitam bukan putih. setelah dicek ternyata kipas radiatornya kebakar dan baunya pekat banget. akhirnya mobil dipaksa jalan hanya menggunakan ekstra fan menuju kantor dan sabtunya saya niat ganti kipas dengan yang baru.
nah… sabtunya ini saya ganti kipas lama yang sudah terbakar dengan yang baru, mungkin ada yang bernasib dengan saya dan ingin mengganti kipas dengan yang baru tapi bingung cara pasangnya?, yuk diperhatiin ya.
Pertama : Cabut soket dari kipas radiatornya dan jangan menyalakan mobil biar gak bermasalah kelistrikannya
cabut soketnya
cabut soketnya
Kedua :Buka baut kipas radiator yang memiliki 4 baut sehingga bisa mudah dilepaskan, memang agak sulit buat lepasin baut yang bawah karena cukup susah dijangkau tapi pembaca bisa dengan cara mendongkrak mobil dan membukanya dari kolong mobil.
Lepasin Bautnya
Lepasin Bautnya
Ketiga : dalam kasus saya yang dinamonya terbakar, sudah pasti relay akan rusak atau meleleh, silahkan dicek fuse box karena di fuse box saya beberapa sekring meleleh akibat short dan harus diganti semuanya.
Cek Fuse Box
Cek Fuse Box
Keempat : lepaskan selang atas radiator agar kipas set radiatornya bisa di tarik keluar dari habitatnya, kalau gak dilepas nanti gak bisa ditarik keluar. saat melepas selang memang akan keluar banyak air radiator, maka dari itu kita sudah siapin air radiatornya biar gak kurang saat proses ini selesai.
Selang ni dilepas aja
Selang ni dilepas aja
Kelima : bongkar semua bagian yang menempel pada bingkai kipas radiator, dalam kasus saya bilah kipas meleleh sehingga gak bisa lagi dipasang dan harus ganti dengan yang baru.
IMG_20130615_120604
Keenam : kita lepasin dulu dinamo motor kipas radiatornya buat diganti dengan yang baru
Lepas dinamo motor kipas
Lepas dinamo motor kipas
Keliatan tembaga nya hangus
Keliatan tembaga nya hangus

Ketujuh : pasang dinamo motor fan radiatornya yang baru, perlu di ingat pasangnya jangan asal, biar keliatan rapih soketnya harus berada di atas agar tidak sulit memasang soket listriknya nanti.
Pasang motor barunya
Pasang motor barunya
Kedelapan : tinggal pasang bilah kipasnya yang baru, perlu hati-hati jangan sampai dudukan kipasnya patah ya…

Selesai
Selesai
tahap selanjutnya tinggal pemasangannya saja tidak sulit kok masangnya, jangan lupa pasang kembali relay radiatornya dan isi air radiatornya sampai cukup, silahkan dites putarannya…. gampang dan mudah kan..
Harga belanja motor radiator baru : Rp. 300.000
harga bilah kipas baru : Rp. 100.00