A. Role Playing
Langkah-langkah:
1. Guru
menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
2. Menunjuk beberapa
siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM
3. Guru membentuk
kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4. Memberikan penjelasan
tentang kompetensi yang ingin dicapai
5. Memanggil para siswa
yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing-masing siswa
duduk di kelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario
yang sedang diperagakan
7. Setelah selesai
dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk
membahas
8. Masing-masing kelompok
menyampaikan hasil kesimpulannya
9. Guru memberikan
kesimpulan secara umum
10. Evaluasi
11. Penutup
B. Group Investigation
(Sharan, 1992)
Langkah-langkah :
1. Guru membagi kelas
dalam beberapa kelompok heterogen
2. Guru menjelaskan
maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3. Guru memanggil
ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu
materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
4. Masing-masing kelompok
membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
5. Setelah selesai
diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6. Guru memberikan
penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
7. Evaluasi
8. Penutup
C.Talking Stick
Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan sebuah
tongkat
2. Guru menyampaikan
materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa
untuk untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya
3. Setelah selesai
membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
4. Guru mengambil tongkat
dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa
yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai
sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5. Guru memberikan
kesimpulan
6. Evaluasi
7. Penutup
D. Bertukar Pasangan
Langkah-langkah :
1. Setiap siswa mendapat
satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan
pasangannya
2. Guru memberikan tugas
dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
3. Setelah selesai setiap
pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
4. Kedua pasangan
tersebut bertukar pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling
menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
5. Temuan baru yang
didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
E. Snawball Throwing
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan
materi yang akan disajikan
2. Guru membentuk
kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan
penjelasan tentang materi
3. Masing-masing ketua
kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang
disampaikan oleh guru kepada temannya
4. Kemudian masing-masing
siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa
saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5. Kemudian kertas
tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain
selama ± 15 menit
6. Setelah siswa dapat
satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
7. Evaluasi
8. Penutup
F. Facilitator And
Explaining
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat
pada rekan peserta lainnya
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan
siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta
lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan
ide/pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua
materi yang disajikan saat itu
6. Penutup
G. Course Review Horay
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan
materi
3. Memberikan kesempatan
siswa tanya jawab
4. Untuk menguji
pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap
kotak diisi angka sesuai dengan seler masing-masing siswa
5. Guru membaca soal
secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan
guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi tanda silang (x)
6. Siswa yang sudah
mendapat tanda Ö
vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay
atau yel-yel
lainnya
7. Nilai siswa dihitung
dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
8. Penutup
H. Demonstration
(Khusus materi yang memerlukan peragaan
atau percobaan misalnya Gussen)
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan TPK
2. Guru menyajikan
gambaran sekilas materi yang akan dismpaikan
3. Siapkan bahan atau
alat yang diperlukan
4. Menunjukan salah
seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
5. Seluruh siswa
memperhatikan demontrasi dan menganalisa
6. Tiap siswa atau
kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa
didemontrasikan
7. Guru membuat
kesimpulan
I. Explicit
Intruction/Pengajaran Langsung(Rosenshina & Stevens, 1986)
Pembelajaran langsung khusus dirancang
untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedur dan pengetahuan
deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangklah
Langkah-langkah :
1. Menyampaikan tujuan
dan mempersiapkan siswa
2. Mendemonstrasikan
pengetahuan dan ketrampilan
3. Membimbing pelatihan
4. Mengecek pemahaman dan
memberikan umpan balik
5. Memberikan kesempatan
untuk latihan lanjutan
J. Cooperative
Integrated Reading And Composition (CIRC)/Kooperatif Terpadu Membaca Dan
Menulis(Steven & Slavin, 1995)
Langkah-langkah :
1. Membentuk kelompok
yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
2. Guru memberikan
wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
3. Siswa bekerja sama
saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap
wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
4. Mempresentasikan/membacakan
hasil kelompok
5. Guru membuat kesimpulan
bersama
6. Penutup
K.
Inside-Outside-Circle/Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar (Spencer Kagan)
“Siswa saling membagi informasi pada
saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”
Langkah-langkah :
1. Separuh kelas berdiri
membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
2. Separuh kelas lainnya
membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
3. Dua siswa yang
berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran
informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4. Kemudian siswa berada
di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran
besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
5. Sekarang giliran siswa
berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
L Tebak Kata
Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah
ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada
kartu yang ingin ditebak.
Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis
kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel
pada dahi ataudiselipkan ditelinga.
Langkah-langkah :
1. Jelaskan TPK atau
materi ± 45 menit
2. Suruhlah siswa berdiri
didepan kelas dan berpasangan
3. Seorang siswa diberi
kartu yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang
siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5×2 cm yang isinya tidak boleh
dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
4. Sementara siswa
membawa kartu 10×10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara
pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10×10 cm. jawaban tepat bila
sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
5. Apabila jawabannya
tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum
tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain
asal jangan langsung memberi jawabannya.
Dan seterusnya
CONTOH KARTU
Perusahaan ini tanggung-jawabnya tidak terbatas
Dimiliki oleh 1 orang
Struktur organisasinya tidak resmi
Bila untung dimiliki,diambil sendiri
NAH … SIAPA … AKU ?
JAWABNYA : PERUSAHAAN PERSEORANGAN
|
M. Word Square
MEDIA : Buat kotak sesuai keperluan dan
buat soal sesuai TPK
Langkah-langkah :
1. Sampaikan materi
sesuai TPK
2. Bagikan lembaran
kegiatan sesuai contoh
3. Siswa disuruh menjawab
soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4. Berikan poin setiap
jawaban dalam kotak :
CONTOH SOAL
1. Sebelum mengenal uang
orang melakukan pertukaran dengan cara …….
2. ……. Digunakan sebagai
alat pembayaran yang sah
3. Uang ……. Saat ini
banyak di palsukan
4. Nilai bahan pembuatan
uang disebut …….
5. Kemampuan uang untuk
ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai …….
6. Nilai perbandingan
uang dalam negara dengan mata uang asing disebut …….
7. Nilai yang tertulis
pada mata uang disebut nilai …….
8. Dorongan seseorang
menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut motif …….
9. Perintah tertulis dari
seseorang yang mempunyai rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang disebut
…….
T
|
Y
|
E
|
N
|
I
|
O
|
K
|
N
|
R
|
A
|
U
|
A
|
N
|
K
|
U
|
O
|
A
|
B
|
A
|
R
|
T
|
E
|
R
|
M
|
N
|
A
|
N
|
I
|
R
|
R
|
S
|
I
|
S
|
D
|
G
|
I
|
I
|
T
|
G
|
N
|
A
|
O
|
N
|
L
|
S
|
A
|
I
|
A
|
K
|
L
|
A
|
A
|
I
|
S
|
R
|
L
|
S
|
A
|
C
|
E
|
K
|
B
|
O
|
S
|
I
|
R
|
I
|
N
|
G
|
G
|
I
|
T
|
Sumber : LPMP Jawa Barat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar