A. Model Examples Non Examples
Contoh dapat dari Kasus/Gambar yang Relevan dengan Kompetensi Dasar
Langkah-langkah :
1. Guru mempersiapkan
gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Guru menempelkan
gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP/In Focus
3. Guru memberi petunjuk
dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
4. Melalui diskusi
kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat
pada kertas
5. Tiap kelompok diberi
kesempatan membacakan hasil diskusinya
6. Mulai dari
komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang
ingin dicapai
7. Kesimpulan
B. Picture And Picture
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Menyajikan materi
sebagai pengantar
3. Guru
menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
4. Guru
menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar
menjadi urutan yang logis
5. Guru menanyakan
alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6. Dari alasan/urutan
gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi
yang ingin dicapai
7. Kesimpulan/rangkuman
C.Numbered Heads Together
Langkah-langkah :
1. Siswa dibagi dalam
kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2. Guru memberikan tugas
dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3. Kelompok mendiskusikan
jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/mengetahui jawabannya
4. Guru memanggil salah
satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
5. Tanggapan dari teman
yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
6. Kesimpulan
D. Cooperative Script
Metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan
mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
1. Guru membagi siswa
untuk berpasangan
2. Guru membagikan
wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3. Guru dan siswa
menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang
berperan sebagai pendengar
4. Pembicara membacakan
ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam
ringkasannya. Sementara pendengar : (a) Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide
pokok yang kurang lengkap; (b) Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok
dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
5. Bertukar peran, semula
sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan
seperti diatas.
6. Kesimpulan Siswa
bersama-sama dengan guru
7. Penutup
E. Kepala Bernomor Struktur
Langkah-langkah :
1. Siswa dibagi dalam
kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2. Penugasan diberikan
kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai.
Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan
soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
3. Jika perlu, guru bisa
menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan
bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam
kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau
mencocokkan hasil kerja sama mereka
4. Laporkan hasil dan
tanggapan dari kelompok yang lain
5. Kesimpulan
F. Student Teams-Achievement
Divisions (Stad)/Tim Siswa Kelompok Prestasi (Slavin, 1995)
Langkah-langkah :
1. Membentuk kelompok
yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis
kelamin, suku, dll)
2. Guru menyajikan
pelajaran
3. Guru memberi tugas
kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu
menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu
mengerti.
4. Guru memberi
kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling
membantu
5. Memberi evaluasi
6. Kesimpulan
G. Jigsaw (Model Tim
Ahli)/(Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, And Snapp, 1978)
Langkah-langkah :
1. Siswa dikelompokkan ke
dalam 4 anggota tim
2. Tiap orang dalam tim
diberi bagian materi yang berbeda
3. Tiap orang dalam tim
diberi bagian materi yang ditugaskan
4. Anggota dari tim yang
berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok
baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5. Setelah selesai
diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian
mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap
anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6. Tiap tim ahli
mempresentasikan hasil diskusi
7. Guru memberi evaluasi
8. Penutup
H.Problem Based Introductuon
(PBI)/(Pembelajaran Berdasarkan Masalah)
Langkah-langkah :
1. Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa
terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
2. Guru membantu siswa
mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan
masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
3. Guru mendorong siswa
untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan
penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan
masalah.
4. Guru membantu siswa
dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu
mereka berbagi tugas dengan temannya
5. Guru membantu siswa
untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses
yang mereka gunakan
I.Artikulasi
Langkah-langkah :
1. Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan materi
sebagaimana biasa
3. Untuk mengetahui daya
serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4. Suruhlan seorang dari
pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya
mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu
juga kelompok lainnya
5. Suruh siswa secara
bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya.
Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
6. Guru
mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
7. Kesimpulan/penutup
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan
alternatif jawaban
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mengemukakan
konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang
mempunyai alternatif jawaban
3. Membentuk kelompok
yang anggotanya 2-3 orang
4. Tiap kelompok
menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
5. Tiap kelompok (atau
diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan
dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
6. Dari data-data di
papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai
konsep yang disediakan guru
K. Make – A Match (Mencari
Pasangan) (Lorna Curran, 1994)
Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan
beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi
review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2. Setiap siswa mendapat
satu buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan
jawaban/soal dari kartu yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan
yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
5. Setiap siswa yang
dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
6. Setelah satu babak
kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan/penutup
L.Think Pair And Share (Frank Lyman, 1985)
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan inti
materi dan kompetensi yang ingin dicapai
2. Siswa diminta untuk
berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
3. Siswa diminta
berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil
pemikiran masing-masing
4. Guru memimpin pleno
kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
5. Berawal dari kegiatan
tersebutmengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi
yang belum diuangkapkan para siswa
6. Guru memberi
kesimpulan
7. Penutup
M.Debat
Langkah-langkah :
1. Guru membagi 2
kelompok peserta debat yang satu pro dan yg lainnya kontra
2. Guru memberikan tugas
untuk membaca materiyang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
3. Setelah selesai
membaca materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk
berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian
seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
4. Sementara siswa
menyampaikan gagasannya guru menulis guru menulis inti/ide-ide dari setiap
pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
5. Guru menambahkan
konsep/ide yang belum terungkap
6. Dari data-data di
papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu
pada topik yang ingin dicapai.
Sumber : Bahan Pelatihan LPMP Jawa Barat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar