Mesin Diesel
Mesin
empat langkah yang lain banyak dikenal adalah mesin diesel. Pada mesin diesel udara dikompresikan hingga
menjadi panas, bahan bakar yang berbentuk kabut kemudian disemprotkan kedalam
silinder.
Berbeda dengan mesin bensin mesin diesel
kebutuhan pembakaran dan panas yang dikompresikan mencapai 500-8000C
( 932 - 15000F ) atau lebih, sehingga perbandingan kompresinya jauh
lebih besar (15:1-22 :1) dari mesin bensin (6 :1–12:1). Oleh karena itu mesin
diesel dibuat dengan konstruksi yang lebih kuat dari mesin bensin.
Selain
perbedaan dalam tipe bahan bakar yang digunakan, mesin bensin dan mesin diesel
menggunakan mekanisme yang berbeda Dibandingkan dengan mesin bensin, mesin
diesel memiliki perbedaan sebagai berikut:
Perbedaan
antara mesin diesel dan mesin bensin
Ruang pembakaran
Mesin diesel tidak dilengkapi dengan sistem pengapian yang mengandung busi. Tetapi, panas yang dibangkitkan selama kompresi menyebabkan bahan bakar terbakar dengan sendirinya. Sehingga rasio kompresi terset tinggi.
Sistem pra pemanasan
Untuk memudahkan start mesin, mesin diesel memiliki sistem pra pemanasan yang menggunakan glow plug, dll. untuk memanaskan udara hisap.
Sistem bahan bakar
Mesin diesel memiliki pompa injeksi dan nozzle-nozzle injeksi untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran pada temperatur tinggi. Tidak seperti mesin bensin, mesin diesel tidak memiliki sistem pengapian.
Akan tetapi, bahan bakar bertekanan tinggi diinjeksikan ke udara bertekanan dan bertemperatur tinggi agar bahan bakar terbakar dengan sendirinya.
Ruang pembakaran
Mesin diesel tidak dilengkapi dengan sistem pengapian yang mengandung busi. Tetapi, panas yang dibangkitkan selama kompresi menyebabkan bahan bakar terbakar dengan sendirinya. Sehingga rasio kompresi terset tinggi.
Sistem pra pemanasan
Untuk memudahkan start mesin, mesin diesel memiliki sistem pra pemanasan yang menggunakan glow plug, dll. untuk memanaskan udara hisap.
Sistem bahan bakar
Mesin diesel memiliki pompa injeksi dan nozzle-nozzle injeksi untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran pada temperatur tinggi. Tidak seperti mesin bensin, mesin diesel tidak memiliki sistem pengapian.
Akan tetapi, bahan bakar bertekanan tinggi diinjeksikan ke udara bertekanan dan bertemperatur tinggi agar bahan bakar terbakar dengan sendirinya.
Langkah
Kerja Motor Diesel
Langkah
hisap
Katup buang menutup dan katup hisap membuka. Langkah ke bawah piston hanya menarik udara ke dalam silinder melalui katup hisap yang membuka
Katup buang menutup dan katup hisap membuka. Langkah ke bawah piston hanya menarik udara ke dalam silinder melalui katup hisap yang membuka
Langkah
kompresi
Saat piston menyelesaikan langkah ke bawahnya, katup hisap menutup. Dengan langkah ke atas piston, udara yang tertarik ke dalam silinder menjadi snagat mampat dan mencapai temperatur tinggi
Saat piston menyelesaikan langkah ke bawahnya, katup hisap menutup. Dengan langkah ke atas piston, udara yang tertarik ke dalam silinder menjadi snagat mampat dan mencapai temperatur tinggi
Langkah
pembakaran
Saat piston hampir menyelesaikan langkah ke atasnya, nozzle injeksi menginjeksikan bahan bakar bertekanan tinggi ke dalam udara yang telah mencapai tekanan dan temperatur tinggi.
Temperatur tinggi udara menyebabkan bahan bakar terbakar dengan sendirinya, sehingga menyebabkan pembakaran dan ledakan.
Gaya pembakaran
mendorong piston ke bawah, dan menyebabkan crankshaft berputar.
Saat piston hampir menyelesaikan langkah ke atasnya, nozzle injeksi menginjeksikan bahan bakar bertekanan tinggi ke dalam udara yang telah mencapai tekanan dan temperatur tinggi.
Temperatur tinggi udara menyebabkan bahan bakar terbakar dengan sendirinya, sehingga menyebabkan pembakaran dan ledakan.
Langkah
buang
Katup buang membuka saat piston menyelesaikan langkah ke bawahnya.
Lalu, langkah ke atas piston selanjutnya menyebabkan gas-gas buang yang merupakan hasil pembakaran terbebaskan ke luar dari silinder.
Katup buang membuka saat piston menyelesaikan langkah ke bawahnya.
Lalu, langkah ke atas piston selanjutnya menyebabkan gas-gas buang yang merupakan hasil pembakaran terbebaskan ke luar dari silinder.
Ruang
Pembakaran
Berbeda dengan ruang bakar pada motor bensin Ruang
pembakaran pada motor bensin memiliki ruang yang tercipta diantara piston, blok
silinder, dan kepala silinder dengan dua type yaitu:
Tipe ruang melingkar (Swirl chamber)
Pada umumnya memiliki ruang melingkar berbentuk bola
pada bagian atas ruang pembakaran utama. Ruang melingkar (swirl chamber)
menghubungkan ruang pembakaran dengan saluran pemindah (transfer passage).
Selama kompresi, udara mengalir ke dalam ruang melingkar untuk menciptakan
putaran angin yang kuat. Nozzle injeksi menginjeksikan bahan bakar ke dalam
ruang melingkar (swirl chamber
Tipe injeksi langsung
Memiliki ruang pembakaran yang terbentuk diantara
kepala silinder dan piston, dan bahan bakar diinjeksikan langsung dari nozzle
injeksi ke dalam ruang pembakaran.
(Utama) Ruang pembakaran
Glow plug
Nozzle injeksi
Ruang melingkar (Swirl chamber)
Saluran pemindah (Transfer passage)
Glow plug
Nozzle injeksi
Ruang melingkar (Swirl chamber)
Saluran pemindah (Transfer passage)
Adakah mesin
yang lain dengan yang sudah kita bahas diatas?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar