SUSUNAN
SILINDER MESIN
Pada Mesin bersilinder banyak
maka susunan silinder mempunyai banuyak varian, seperti halnya mesin empat
silinder banyak dijumpai tipe sebaris ( in-line)
hingga pada mesin enam silinder, namun untuk enam silinder memerlukan poros
engkol yang terlalu panjang yang dapat mengakibatkan adanya torsi getaran yang
besar.
Alternatif utama yang digunakan
pabrikan menggunakan mesin dengan konfigurasi “V” disini silinder mempunyai dua
bak. Untuk enam silinder type V mempunyai sudut kemiringan dua sisi hingga 600
, namun untuk kemiringan V8 mempunyai kemiringan hingga 900. Sudut
kemiringan ini memperbaiki keseimbangan kekuatan gaya reaksi dari poros engkol. Mesin V akan
lebih pendek bila disbanding dengan in line, sebab memungkinkan dua pistom
dipasang pada satu crankpin pada
poros engkol.
Konfigurasi mesin yang ketiga
adalah mesin flat atau datar dimana
piston berhadapan secara horizontal pada tiap bagian engkol. Hal ini
menguntungkan terhadap keseimbangan komponen dan mesin ini dapat dibuat lebih
pendek. Mesin ini memiliki dua kepala silinder sehingga pendinginan udara
berlaku sangat baik.
Dari uraian dasar
di atas, berikut ini akan kita bahas bagian-bagian mesin yang digunakan pada
mobil .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar