1 2 3 4
Mesin empat
langkah
Sebagian besar mobil saat ini
menghasilkan tenaga dengan mesin empat langkah
( four stroke engine ),
dikatakan empat langkah karena dalam melakukan satu langkah usaha dilakukan
oleh empat langkah piston naik turun dengan dua kali putaran poros engkol dalam
satu silinder. Siklus yang terjadi meliputi hisap ( induction
), mampat ( Compresion ), kerja/usaha ( power
) dan buang (exhaust)
1. Langkah Hisap
Langkah hisap dilakukan pada saat piston
bergerak dari Titik Mati Atas ( TMA ) menuju Titik Mati bawah ( TMB ) gas baru
masuk silinder
Temperatur » 20°C
Vakum 0,1 ÷ 0,6 bar
·
Katup Isap
terbuka
·
Katup
Buang tertutup
2. Langkah kompresi
Torak bergerak dari TMB ke TMA, gas
baru dikompresikan dalam ruang kompresi
Tekanan akhir kompresi =
Otto = 1 ÷ 1,5 Mpa ( 10 ÷ 15 bar )
Diesel = 1,5 ÷ 4 Mpa (
15 – 40 bar )
Temperatur akhir kompresi
Otto = 300 ÷ 6000C
Diesel = 700 ÷ 9000C
·
Katup
hisap tertutup
·
Katup
buang tertutup
3. Langkah usaha /
kerja
Torak bergerak dari TMA ke TMB,
terdorong tekanan gas hasil pembakaran.
Temperatur max pembakaran
:
Otto = 2000 ÷ 25000C
Diesel = 2000 ÷ 25000C
Tekanan max pembakaran :
Otto =
3 ÷ 6 Mpa ( 30 ÷ 60 bar )
Diesel
= 4 ÷ 12 Mpa (40 ÷ 120 bar )
·
Katup isap
tertutup
·
Katup
buang tertutup
4.Langkah
buang
Torak bergerak dari TMBke TMA,
gas buang keluar dari silinder
Temperatur gas buang ( beban
penuh ) :
Otto = 600 ÷ 10000C
Diesel = 500 ÷ 6000C
·
Katup isap
tertutup
·
Katup
buang terbuka
Selain mesin empat langkah masih ada mesin dua langkah,
apakah mesin dua langkah itu?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar