Mesin dua
langkah
Mesin dua langkah tidak lama
dipakai pada mobil mengingat gas pembakaran yang tersisa menimbulkan polusi
udara.
Mesin ini tidak menggunakan mekanisme
katup dalam mengatur keluar masuknya campuran bahan bakar dan udara ke dalam
silinder. Ruang engkol adalah tempat menyimpan hisapan udara dan bahan bakar
yang tercampur, sehingga mesin tidak memiliki system pelumasan terhadap
bantalan engkol secara mandiri. Pelumas akan dicampur langsung dengan bahan
baker, sehingga menimbulkan asap dan polusi.
Motor Dua Tak adalah motor yang memerluhkan
dua kali langkah torak ( satu putaran poros engkol ) untuk menghasilkan satu
kali usaha
1. Kepala silinder 7. Bantalan batang torak
2. Saluran isap 8.
Saluran buang
3. Sirip pendingin 9.
Ruang engkol
4. Torak 10. Saluran bilas
5. Batang torak 11.
Busi
6. Poros engkol
Torak bergerak dari
TMB ke TMA ( I )
Kejadian di atas torak
·
Akhir pembilasan diikuti pemampatan bahan bakar
+ udara
·
Setelah dekat TMA pembakaran dimulai
Kejadian di bawah torak
·
Campuran bahan bakar dan udara baru masuk
keruang engkol melalui saluran masuk
Torak bergerak dari
TMA ke TMB ( II )
Kejadian di atas torak
·
Akibat pembakaran, tekanan mendorong
torak ke TMB.
Saluran buang
terbuka, gas bekas terbuang dan didorong gas baru (pembilasan)
Kejadian
di bawah torak
·
Campuran bahan bakar dan udara di ruang engkol
tertekan dan akan naik keruang atas torak lewat saluran bilas
Dalam kenyataannya dengan banyaknya silinder, maka
urutan penyalaan tidak boleh sembarangan. Bagaimanakah urutan penyalaan pada
mobil bersilinder banyak ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar