Entri Populer

Senin, 04 Juni 2012

Kepala Silinder


 KEPALA SILINDER

  
Di atas blok ditempatkan kepala silinder yang didalamnya terdapat ruang bakar dan katup-katup. Kepala silinder terbuat dari paduan alumunium. Kepala silinder harus kuat terhadap suhu dan tekanan tinggi selama mesin bekerja, sehingga di dalamnya juga dilengkapi dengan mantel air untuk mendinginkan busi dan katup-katup.


1.        Lengan penekan dengan kelengkapannya
2.        Bantalan poros bubungan
3.        Saluran keluar air pendingin
4.        Katup masuk
5.        Katup buang
6.        Sil batang katup
7.        Dudukan katup
8.        Pegas katup
9.        Dudukan pegas katup
10.     Baji katup
11.     Busi
12.     Kepala silinder
13.     Sil
14.     Poros bubungan
15.     Sproket penggerak poros bubungan
16.     Paking
17.     Tutup katup/tutup tappet/tutuplengan penekan/Tutup kepala silinder



 Pada bagian kepala silinder terdapat saluran pemasukan dan pembuangan, katup masuk dan katup buang, dudukan katup penghantar katup, pegas katup retainer dan collets.

Bentuk ruang bakar umumnya ditentukan atau disesuaikan dengan cylinder head. Ruang bakar banyak bentuknya dalam fungsi spesifikasinya, dan yang pasti ruang bakar yang bagus harus dapat :

a.       Menyediakan perpusaran yang baik
b.      Menyediakan efisiensi panas yang tinggi
c.       Sebagai penyampur campuran bahan bakar dengan udara

Beberapa tipe ruang bakar secara umum diantaranya adalah :

1.      Ruang Weslake


Pada tipe ini penempatan busi adalah pada puncak ruang bakar. Dinding ruang bakar sebagian memisahkan katup masuk dan katup buang. Campuran yang masuk dengan kecepatan tinggi langsung ke busi.

2.Ruang Wedge
Ruang bakar ditempatkan pada piston ataupun tanda silinder. Bentuk permukaan cylinder head adalah rata, dan blok didesain dengan membentuk sudut kurang lebih 10 derajat. Bentuk piston khusus digunakan mengakibatkan kesamaan volume silinder yang lebih mudah diwadahi. Perbedaan perbandingan kompresi dapat dicapai dengan perubahan tipe piston.

3.Ruang Hemispherical
Ruang ini didesign setengah lingkaran, sebab itu disebut hemispherical. Ruang pembakaran model ini bebas dari hambatan dan posisi katup berlawanan antara satu dengan lainnya. Katup besar digunakan dan efek aliran dapat dicapai. Ini adalah design kemampuan tinggi.







Terdapat tiga tipe cylinder head yaitu :

Katup Sisi
Jenis ini tidak terdapat katup dan salurannya pada cylinder head. Pada dasarnya tersedia pada silinder.

Katup di kepala (OHV)
Model ini katup dan salurannya terdapat pada cylinder head. Camshaft yang menggerakkan katup ditempatkan pada blok silinder. Katup bekerja oleh mekanisme camshaft, lifter, push rod, rocker arms dan katup

Camshaft Dikepala (OHC)
Sesuai dengan namanya camshaft ditempatkan di atas cylinder head, untuk mengeliminasi penggunaan lifter dan push rod, yang selanjutnya timing katup untuk model ini akurasinya lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar