Entri Populer

Senin, 27 Agustus 2012

Jenis dan Karakteristik Metode Pembelajaran



Metode mengajar adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk
melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri
dari pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam
melakukan suatu kegiatan sehingga proses belajar berjalan dengan baik
dalam arti tujuan pengajaran tercapai. Agar tujuan pengajaran tercapai
sesuai dengan yang telah dirumuskan oleh pendidik, maka perlu
mengetahui, mempelajari beberapa metode mengajar. Beberapa metode
mengajar antara lain sebagai berikut.
1) Metode Ceramah (Preaching Method)
Metode ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan
menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada
sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif
(Muhibbin Syah, 2002:203). Metode ceramah dapat dikatakan
sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk
menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi
kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan
daya beli dan paham siswa.
Beberapa kelebihan metode ceramah adalah :
a) Guru mudah menguasai kelas.
b) Guru mudah menerangkan bahan pelajaran berjumlah besar.
c) Dapat diikuti anak didik dalam jumlah besar.
d) Mudah dilaksanakan.
Beberapa kelemahan metode ceramah adalah:
a) Membuat siswa pasif.
b) Mengandung unsur paksaan kepada siswa.
c) Menghambat daya kritis siswa.

2) Metode diskusi ( Discussion method )
Muhibbin Syah (2002:205), mendefinisikan bahwa metode
diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat hubungannya
dengan memecahkan masalah (problem solving). Metode ini lazim
juga disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion) dan
resitasi bersama (socialized recitation).
Kelebihan metode diskusi sebagai berikut :
a) Merangsang kreativitas anak didik dalam bentuk ide, gagasan
dan terobosan baru dalam pemecahan suatu masalah.
b) Mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain.
c) Memperluas wawasan.
d) Membiasakan untuk bermusyawarah unutk mufakat dalam
memcahkan masalah (Djamarah, 1997:99).
Kelemahan metode diskusi sebagai berikut :
a) Tidak dapat dipakai dalam kelompok yang besar.
b) Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas.
c) Dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara.
d) Pembicaraan terkadang menyimpang sehingga memerlukan
waktu panjang.

3) Metode Demontrasi ( Demonstration method )
Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara
memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan
suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan
media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi
yang sedang disajikan (Muhibbin Syah, 2002:208). Metode
demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan
sesuatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan
bahan pelajaran (Djamarah, 1997:102).

4) Metode resitasi ( Recitation method )
Metode resitasi adalah metode penyajian bahan di mana guru
menmberikan tugas tertentu agar siswa melalukan kegiatan belajar.
Kelebihan metode resitasi sebagai berikut :
a) Membina tanggung jawab dan disipilin siswa.
b) Dapat mengembangkan kreativitas siswa.
c) Dapat mengembangkan kemandirian siswa di luar pengawasan
guru (Djamarah, 2006:98).
Kelemahan metode resitasi sebagai berikut :
a) Terkadang anak didik melakukan penipuan dimana anak didik
hanya meniru hasil pekerjaan temannya tanpa mau bersusah
payah mengerjakan sendiri.
b) Terkadang tugas dikerjakan oleh orang lain tanpa pengawasan.
c) Sukar memberikan tugas yang memenuhi perbedaan individual.

5) Metode percobaan ( Experimental method )
Menurut Djamarah (2006:95), metode percobaan adalah
metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau
kelompok untuk melakukan percobaan dengan mengalami dan
membuktikan sendiri suatu yang dipelajari.
Kelebihan metode percobaan sebagai berikut :
a) Metode ini dapat membuat anak didik lebih percaya atas
kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaannya.
b) Anak didik dapat mengembangkan sikap untuk mengadakan
studi eksplorasi (menjelajahi) tentang ilmu dan teknologi.
c) Dengan metode ini akan terbina manusia yang dapat membawa
terobosan-terobosan baru dengan penemuan sebagai hasil
percobaan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi
kesejahteraan hidup manusia.
Kelemahan metode percobaan sebagai berikut :
a) Tidak cukupnya alat-alat mengakibatkan tidak setiap anak didik
berkesempatan mengadakan eksperimen.
b) Jika eksperimen memerlukan jangka waktu yang lama, anak
didik harus menanti untuk melanjutkan pelajaran.
c) Metode ini lebih sesuai untuk menyajikan bidang-bidang ilmu
dan teknologi.

6) Metode Latihan
Menurut Djamarah (1997:108), metode latihan merupakan
metode penyampaian materi melalui upaya penanaman terhadap
kebiasaa-kebiasaan tertentu. Melalui penanaman terhadap
kebiasaan-kebiasaan tertentu ini diharapkan siswa dapat menyerap
materi secara lebih optimal.
Kelebihan metode latihan sebagai berikut :
a) Untuk memperoleh kecakapan motoris, mental dan asosiatif.
b) Pembentukan kebiasaan yang dilakukan dan menambah
ketepatan serta kecepatan pelaksanaan.
c) Pemanfaatan kebiasaan-kebiasaan yang tidak memerlukan
konsentrasi dalam pelaksanaannya.
Kelemahan metode latihan antara lain :
a) Membutuhkan waktu yang lebih banyak.
b) Keterbatasan alat yang digunakan untuk latihan.
c) Minat siswa kurang serius karena bersifat latihan.

7) Metode Tanya Jawab
Menurut Djamarah (1997:107), metode tanya jawab
merupakan cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang
harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa tetapi dapat pula
dari siswa kepada guru. Penggunaan metode ini mengembangkan
keterampilan mengamati, menginterpretasi, mengklasifikasi,
membuat kesimpulan, menerapkan dan mengomunikasikan.
Penggunaan metode ini bertujuan untuk memotivasi anak
mengajukan pertanyaan selama proses pembelajaran.
Kelebihan metode tanya jawab antara lain :
a) Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa.
b) Merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya
pikir.
c) Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam
menjawab dan mengemukakan pendapat.
Kelemahan metode tanya jawab sebagai berikut :
a) Siswa merasa takut apalagi guru kurang dapat mendorong siswa
untuk berani dengan tidak menciptakan suasana yang tidak
tegang melainkan akrab.
b) Tingkat kesukaran pertanyaan yang berfariasi.
c) Waktu sering banyak terbuang karena jumlah siswa yang
banyak.

8) Metode Karyawisata
Menurut Djamarah (1997:105-106), metode karyawisata
merupakan metode penyampaian materi dengan cara membawa
langsung anak ke objek di luar kelas atau lingkungan kehidupan
nyata agar siswa dapat mengamati atau mengalami secara
langsung. Metode ini menjadikan bahan yang dipelajari di sekolah
lebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan yang ada di
masyarakat.
Kelebihan metode karya wisata sebagia berikut :
a) Belajar langsung dengan kenyataan di luar sekolah.
b) Mengembangkan daya pikir peserta didik.
c) Mengalami secara langsung kegiatan yang berada dalam
masyarakat.
Kelemahan metode karya wisata :
a) Membutuhkan jam pelajaran yang banyak.
b) Membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
c) Objek harus sesuai dengan tujuan pembelajaran.

9) Metode proyek
Menurut Djamarah (1997:94), metode proyek merupakan
metode pembelajaran berupa penyajian pelajaran yang bertitik
tolak dari suatu masalah yang selanjutnya dibahas dari berbagai sisi
yang relevan sehingga diperolah pemecahan secara menyeluruh
dan bermakna. Prinsip metode ini adalah membahas suatu materi
pembelajaran ditinjau dari sudut pandang pelajaran lain. Metode ini
dapat memantapkan pengetahuan yang diperoleh anak didik,
menyalurkan minat dan melatih siswa menganalisis suatu materi
dengan wawasan yang luas.
Kelebihan metode proyek antara lain :
a) Dapat memperluas pemikiran siswa yang berguna dalam
menghadapi masalah kehidupan.
b) Dapat membina siswa dengan menerapkan pengetahuan, sikap
dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari secara terpadu.
Kelemahan metode proyek :
a) Sering kesulitan dalam mengemukakan masalah.
b) Membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang tidak
sedikit.
c) Bahan pelajaran sering menjadi luas sehingga dapat
mengaburkan pokok unit yang dibahas.
Banyak sekali jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan
dalam kegiatan belajar mengajar dalam kelas. Metode belajar tersebut
memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penggunaan
metode belajar tersebut disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan
disampaikan oleh guru dan kemampuan guru dalam menerapkan
metode-metode tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar