Entri Populer

Senin, 09 April 2012

Diesel Engine


Mesin Diesel
Mesin empat langkah yang lain banyak dikenal adalah mesin diesel.  Pada mesin diesel udara dikompresikan hingga menjadi panas, bahan bakar yang berbentuk kabut kemudian disemprotkan kedalam silinder.
 Berbeda dengan mesin bensin mesin diesel kebutuhan pembakaran dan panas yang dikompresikan mencapai 500-8000C ( 932 - 15000F ) atau lebih, sehingga perbandingan kompresinya jauh lebih besar (15:1-22 :1) dari mesin bensin (6 :1–12:1). Oleh karena itu mesin diesel dibuat dengan konstruksi yang lebih kuat dari mesin bensin.
Selain perbedaan dalam tipe bahan bakar yang digunakan, mesin bensin dan mesin diesel menggunakan mekanisme yang berbeda Dibandingkan dengan mesin bensin, mesin diesel memiliki perbedaan sebagai berikut:

Perbedaan antara mesin diesel dan mesin bensin
Ruang pembakaran
Mesin diesel tidak dilengkapi dengan sistem pengapian yang mengandung busi. Tetapi, panas yang dibangkitkan selama kompresi menyebabkan bahan bakar terbakar dengan sendirinya. Sehingga rasio kompresi terset tinggi.
Sistem pra pemanasan
Untuk memudahkan start mesin, mesin diesel memiliki sistem pra pemanasan yang menggunakan  glow plug, dll. untuk memanaskan udara hisap.
Sistem bahan bakar
Mesin diesel memiliki pompa injeksi dan nozzle-nozzle injeksi untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran pada temperatur tinggi.  Tidak seperti mesin bensin, mesin diesel tidak memiliki sistem pengapian.
Akan tetapi, bahan bakar bertekanan tinggi diinjeksikan ke udara bertekanan dan bertemperatur tinggi agar bahan bakar terbakar dengan sendirinya.

Langkah Kerja Motor Diesel
Langkah hisap
Katup buang menutup dan katup hisap membuka. Langkah ke bawah piston hanya menarik udara ke dalam silinder melalui katup hisap yang membuka
Langkah kompresi
Saat piston menyelesaikan langkah ke bawahnya, katup hisap menutup. Dengan langkah ke atas  piston, udara yang tertarik ke dalam silinder menjadi snagat mampat dan mencapai temperatur tinggi
Langkah pembakaran
Saat piston hampir menyelesaikan langkah ke atasnya, nozzle injeksi menginjeksikan bahan bakar bertekanan tinggi ke dalam udara yang telah mencapai tekanan dan temperatur tinggi.
Temperatur tinggi udara menyebabkan bahan bakar terbakar dengan sendirinya, sehingga menyebabkan pembakaran dan ledakan.
Gaya pembakaran mendorong  piston ke bawah, dan menyebabkan crankshaft berputar.
Langkah buang
Katup buang membuka saat piston menyelesaikan langkah ke bawahnya.
Lalu, langkah ke atas piston selanjutnya menyebabkan gas-gas buang yang merupakan hasil pembakaran terbebaskan ke luar dari silinder.


Ruang Pembakaran
Berbeda dengan ruang bakar pada motor bensin Ruang pembakaran pada motor bensin memiliki ruang yang tercipta diantara piston, blok silinder, dan kepala silinder dengan dua type yaitu:

Tipe ruang melingkar (Swirl chamber)
Pada umumnya memiliki ruang melingkar berbentuk bola pada bagian atas ruang pembakaran utama. Ruang melingkar (swirl chamber) menghubungkan ruang pembakaran dengan saluran pemindah (transfer passage). Selama kompresi, udara mengalir ke dalam ruang melingkar untuk menciptakan putaran angin yang kuat. Nozzle injeksi menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang melingkar (swirl chamber
Tipe injeksi langsung
Memiliki ruang pembakaran yang terbentuk diantara kepala silinder dan piston, dan bahan bakar diinjeksikan langsung dari nozzle injeksi ke dalam ruang pembakaran.


(Utama) Ruang pembakaran
Glow plug
Nozzle injeksi
Ruang melingkar (Swirl chamber)
Saluran pemindah (Transfer passage)
Adakah mesin yang lain dengan yang sudah kita bahas diatas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar