Entri Populer

Jumat, 06 April 2012

MESIN 2 LANGKAH

Mesin dua langkah
Mesin dua langkah tidak lama dipakai pada mobil mengingat gas pembakaran yang tersisa menimbulkan polusi udara.
Mesin ini tidak menggunakan mekanisme katup dalam mengatur keluar masuknya campuran bahan bakar dan udara ke dalam silinder. Ruang engkol adalah tempat menyimpan hisapan udara dan bahan bakar yang tercampur, sehingga mesin tidak memiliki system pelumasan terhadap bantalan engkol secara mandiri. Pelumas akan dicampur langsung dengan bahan baker, sehingga menimbulkan asap dan polusi.

 Motor Dua Tak adalah motor yang memerluhkan dua kali langkah torak ( satu putaran poros engkol ) untuk menghasilkan satu kali usaha



Nama bagian-bagian motor 2T
 
1. Kepala silinder  7.  Bantalan batang torak
2. Saluran isap       8.  Saluran buang
3. Sirip pendingin  9.  Ruang engkol
4. Torak                10. Saluran bilas
5. Batang torak     11. Busi
6. Poros engkol


Torak bergerak dari TMB ke TMA ( I )
Kejadian di atas torak
·         Akhir pembilasan diikuti pemampatan bahan bakar + udara
·         Setelah dekat TMA pembakaran dimulai
Kejadian di bawah torak
·         Campuran bahan bakar dan udara baru masuk keruang engkol melalui saluran masuk

Torak bergerak dari TMA ke TMB ( II )
Kejadian di atas torak
·         Akibat pembakaran, tekanan mendorong torak ke TMB.
Saluran buang terbuka, gas bekas terbuang dan didorong gas baru (pembilasan)
Kejadian di bawah torak
·         Campuran bahan bakar dan udara di ruang engkol tertekan dan akan naik keruang atas torak lewat saluran bilas

Dalam kenyataannya dengan banyaknya silinder, maka urutan penyalaan tidak boleh sembarangan. Bagaimanakah urutan penyalaan pada mobil bersilinder banyak ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar