Entri Populer

Senin, 09 April 2012

Susunan Silinder Mesin



SUSUNAN SILINDER MESIN
Pada Mesin bersilinder banyak maka susunan silinder mempunyai banuyak varian, seperti halnya mesin empat silinder banyak dijumpai tipe sebaris ( in-line) hingga pada mesin enam silinder, namun untuk enam silinder memerlukan poros engkol yang terlalu panjang yang dapat mengakibatkan adanya torsi getaran yang besar.
Alternatif utama yang digunakan pabrikan menggunakan mesin dengan konfigurasi “V” disini silinder mempunyai dua bak. Untuk enam silinder type V mempunyai sudut kemiringan dua sisi hingga 600 , namun untuk kemiringan V8 mempunyai kemiringan hingga 900. Sudut kemiringan ini memperbaiki keseimbangan kekuatan gaya reaksi dari poros engkol. Mesin V akan lebih pendek bila disbanding dengan in line, sebab memungkinkan dua pistom dipasang pada satu crankpin pada poros engkol.
Konfigurasi mesin yang ketiga adalah mesin flat atau datar dimana piston berhadapan secara horizontal pada tiap bagian engkol. Hal ini menguntungkan terhadap keseimbangan komponen dan mesin ini dapat dibuat lebih pendek. Mesin ini memiliki dua kepala silinder sehingga pendinginan udara berlaku sangat baik.


Dari uraian dasar di atas, berikut ini akan kita bahas bagian-bagian mesin yang digunakan pada mobil .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar