Entri Populer

Minggu, 28 Juli 2013

Cara Bongkar Pasang Kipas Radiator


hari senin mengalami kejadian cukup bikin kesel, sudah terkena traffic jam eh tiba-tiba temperatur naik ke setengah lebih satu strip, wah ada apa ini kok tiba-tiba gejala operhit. akhirnya dipaksa jalan sampai ketemu SPBU buat mengecek kondisi mobil yang memang sudah muncrat air reservoirnya karena kepanasan, hadeeehhh… semenjak mobil balik ke pangkuan masalahnya selalu operhit padahal belum pernah kaya gini sampai ngabisin 6 relay kepanasan. setelah di cek ternyata bilah kipas lepas dari dudukannya..
hari jumat saya bawa ke kantor karena kipas sudah di benerin dan bilah kipas sudah dipasang dengan baik tapi mungkin takdir berkata lain, tiba-tiba dari kap mesin keluar asap putih pekat layaknya mobil terbakar. akhirnya saya buru-buru cari rest area sekitar tol dan langsung buka kap mesin setelah mobil berhenti dengan cantik. Satpam rest area sempet panik ngejar mobil saya karena takut kebakar, hehehe padahal saya tahu kalau memang mobil kebakar asapnya hitam bukan putih. setelah dicek ternyata kipas radiatornya kebakar dan baunya pekat banget. akhirnya mobil dipaksa jalan hanya menggunakan ekstra fan menuju kantor dan sabtunya saya niat ganti kipas dengan yang baru.
nah… sabtunya ini saya ganti kipas lama yang sudah terbakar dengan yang baru, mungkin ada yang bernasib dengan saya dan ingin mengganti kipas dengan yang baru tapi bingung cara pasangnya?, yuk diperhatiin ya.
Pertama : Cabut soket dari kipas radiatornya dan jangan menyalakan mobil biar gak bermasalah kelistrikannya
cabut soketnya
cabut soketnya
Kedua :Buka baut kipas radiator yang memiliki 4 baut sehingga bisa mudah dilepaskan, memang agak sulit buat lepasin baut yang bawah karena cukup susah dijangkau tapi pembaca bisa dengan cara mendongkrak mobil dan membukanya dari kolong mobil.
Lepasin Bautnya
Lepasin Bautnya
Ketiga : dalam kasus saya yang dinamonya terbakar, sudah pasti relay akan rusak atau meleleh, silahkan dicek fuse box karena di fuse box saya beberapa sekring meleleh akibat short dan harus diganti semuanya.
Cek Fuse Box
Cek Fuse Box
Keempat : lepaskan selang atas radiator agar kipas set radiatornya bisa di tarik keluar dari habitatnya, kalau gak dilepas nanti gak bisa ditarik keluar. saat melepas selang memang akan keluar banyak air radiator, maka dari itu kita sudah siapin air radiatornya biar gak kurang saat proses ini selesai.
Selang ni dilepas aja
Selang ni dilepas aja
Kelima : bongkar semua bagian yang menempel pada bingkai kipas radiator, dalam kasus saya bilah kipas meleleh sehingga gak bisa lagi dipasang dan harus ganti dengan yang baru.
IMG_20130615_120604
Keenam : kita lepasin dulu dinamo motor kipas radiatornya buat diganti dengan yang baru
Lepas dinamo motor kipas
Lepas dinamo motor kipas
Keliatan tembaga nya hangus
Keliatan tembaga nya hangus

Ketujuh : pasang dinamo motor fan radiatornya yang baru, perlu di ingat pasangnya jangan asal, biar keliatan rapih soketnya harus berada di atas agar tidak sulit memasang soket listriknya nanti.
Pasang motor barunya
Pasang motor barunya
Kedelapan : tinggal pasang bilah kipasnya yang baru, perlu hati-hati jangan sampai dudukan kipasnya patah ya…

Selesai
Selesai
tahap selanjutnya tinggal pemasangannya saja tidak sulit kok masangnya, jangan lupa pasang kembali relay radiatornya dan isi air radiatornya sampai cukup, silahkan dites putarannya…. gampang dan mudah kan..
Harga belanja motor radiator baru : Rp. 300.000
harga bilah kipas baru : Rp. 100.00

2 komentar:

  1. gemana mengembalikan standar fan readiator dohc, dan gemana jalur wiring kipas radiator

    BalasHapus
  2. ada gak yang bisa bantu share buku manual timor dohc, ane lagi ngotak atik wiring kipas radiator timor tpi blom nemu juga wiringnya yang dari ecu, ada gak yg bisa bantu

    BalasHapus