Entri Populer

Minggu, 28 Juli 2013

MENDONGKRAK MOBIL SEDAN

IMG_20130623_112334-1225309939
Mendongkrak kendaraan roda empat tidak boleh sembarangan apalagi kita tidak tahu titik khusus untuk menaruh tumpuan dongkrak pada mobil, bisa-bisa bagian bawah mobil rusak atau malah penyok dan merusak part kaki-kaki. Pada mobil Timor sebenarnya sudah diberikan kemudahan dengan adanya bantalan karet di rangka bawah agar pemilik kendaraan tidak salah mengambil titik tumpuan dongkraknya. Awalnya saya juga tidak tahu cara dongkrak mobil, sampai-sampai bagian rangka pinggir mobil penyok hehhehe tapi akhirnya setelah di berikan informasi yang benar, wah ternyata mobil timor keren juga ada bantalan karet buat dongkrak sehingga rangka aman tidak lecet. namun hampir sebagian besar mobil timor di Indonesia sudah kehilangan bantalannya sehingga terdapat lubang bolong pada bagian rangka bawah dekat roda depan atau belakang, tak perlu kuatir, rangka timor kuat kok dan memang aturan dalam mendongkrak disemua mobil harus berada di rangka mobilnya.
Sebelum mendongkrak pastinya kita harus memiliki dongkrak mobilnya dahulu, saran saya sih lebih baik memiliki dongkrak buaya bukan dongkrak ulir bawaan si Timor karena dongkrak ulir yang penggunaannya dengan cara diputar kurang begitu kokoh menompang berat mobil apalagi dongkrak sendiri memiliki umur. lebih baik memiliki dongkrak buaya yang dapat menompang mobil hingga 2 Ton ya walaupun akan memakan tempat lebih banyak dibandingkan dongkrak biasa yang kecil.

karet bantalannya
karet bantalannya

Berikut saya berikan gambar titik bantalan dongkrak pada mobil Timor, walaupun sudah gak ada bantalan karetnya tapi tetap titik untuk tompangan dongkrak harus berada dititik tersebut.
kadang karetnya ilang. tetep harus disini dongkraknya
kadang karetnya ilang. tetep harus disini dongkraknya

Berikut aturan-aturan mendongkrak mobil agar kita safety dalam mengerjakan sesuatu
1. Pastikan kendaraan dalam kondisi mati sebelum mendongkrak kendaraan
2. Tempat parkir harus rata (aspal/beton) tidak pada posisi jalan menurun atau menanjak dan bukan tanah merah yang labil teksturnya.
3. Apabila anda menepi dibahu Jalan Raya atau Tol, pastikan anda memasang segitiga pengaman dan lampu hazard sebagai tanda mobil anda dalam masalah
4. Usahakan lokasi tempat mobil anda menepi aman dan memiliki penerangan yang cukup
5. Tempatkan kunci-kunci atau part yang diganti dengan rapih agar tidak tercecer setelah anda selesai mendongkrak kendaraan. setelah kita selesai menyelesaikan tugas kita dalam membenahi part yang bermasalah, jangan lupa untuk mengecek ulang kekencangan baut ataupun pengikat agar tidak lepas dijalan dan pastinya jangan langsung ngebut meninggalkan lokasi karena kita harus memastikan mobil tidak bermasalah saat pemasangan.

contoh dongkrak yg rekomended
contoh dongkrak yg rekomended

Demikian tips dari saya, mudah2an membantu ya…

3 komentar:

  1. Makasih ,bro. Sangat membantu. Jadi pingin lihat-lihat kolong timiku, he...he...

    BalasHapus
  2. Eh ngomong2 kita buat komunitas yuk... sambil shering juga sekalian silaturahmi betul engga...?

    BalasHapus
  3. Membantu sekai .salam dari sukabumi.

    BalasHapus