Entri Populer

Jumat, 06 April 2012

MESIN 4 TAK

                                          1             2                3             4

Mesin empat langkah
Sebagian besar mobil saat ini menghasilkan tenaga dengan mesin empat langkah  ( four stroke engine ), dikatakan empat langkah karena dalam melakukan satu langkah usaha dilakukan oleh empat langkah piston naik turun dengan dua kali putaran poros engkol dalam satu silinder. Siklus yang terjadi meliputi hisap     ( induction ), mampat          ( Compresion ), kerja/usaha ( power ) dan buang (exhaust)

1. Langkah Hisap
Langkah hisap dilakukan pada saat piston bergerak dari Titik Mati Atas ( TMA ) menuju Titik Mati bawah ( TMB ) gas baru masuk silinder
Temperatur » 20°C
Vakum 0,1 ÷ 0,6 bar
·         Katup Isap terbuka
·         Katup Buang tertutup

2. Langkah kompresi

Torak bergerak dari TMB ke TMA, gas baru dikompresikan dalam ruang kompresi
Tekanan akhir kompresi =
Otto   = 1 ÷ 1,5 Mpa ( 10 ÷ 15 bar )
Diesel = 1,5 ÷ 4 Mpa ( 15 – 40 bar )
Temperatur akhir kompresi
Otto   = 300 ÷ 6000C
Diesel = 700 ÷ 9000C
·      Katup hisap tertutup
·      Katup buang tertutup

3. Langkah usaha / kerja

Torak bergerak dari TMA ke TMB, terdorong tekanan gas hasil pembakaran.
Temperatur max pembakaran :
            Otto    = 2000 ÷ 25000C
            Diesel = 2000 ÷ 25000C
Tekanan  max pembakaran :
            Otto     = 3 ÷ 6 Mpa ( 30 ÷ 60 bar )
Diesel = 4 ÷ 12 Mpa (40 ÷ 120 bar )
·         Katup isap tertutup
·         Katup buang tertutup

4.Langkah buang

Torak bergerak dari TMBke TMA, gas buang keluar dari silinder
Temperatur gas buang ( beban penuh ) :
Otto     = 600 ÷ 10000C
Diesel  = 500 ÷ 6000C
·         Katup isap tertutup
·         Katup buang terbuka
Selain mesin empat langkah masih ada mesin dua langkah, apakah mesin dua langkah  itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar