KEPALA SILINDER
Di atas blok ditempatkan kepala silinder
yang didalamnya terdapat ruang bakar dan katup-katup. Kepala silinder terbuat
dari paduan alumunium. Kepala silinder harus kuat terhadap suhu dan tekanan
tinggi selama mesin bekerja, sehingga di dalamnya juga dilengkapi dengan mantel
air untuk mendinginkan busi dan katup-katup.
1.
Lengan
penekan dengan kelengkapannya
2.
Bantalan
poros bubungan
3.
Saluran
keluar air pendingin
4.
Katup
masuk
5.
Katup
buang
6.
Sil
batang katup
7.
Dudukan
katup
8.
Pegas
katup
9.
Dudukan
pegas katup
10.
Baji
katup
11.
Busi
12.
Kepala
silinder
13.
Sil
14.
Poros
bubungan
15.
Sproket
penggerak poros bubungan
16.
Paking
17.
Tutup
katup/tutup tappet/tutuplengan penekan/Tutup kepala silinder
Pada bagian kepala silinder terdapat saluran
pemasukan dan pembuangan, katup masuk dan katup buang, dudukan katup penghantar
katup, pegas katup retainer dan collets.
Bentuk
ruang bakar umumnya ditentukan atau disesuaikan dengan cylinder head. Ruang bakar banyak bentuknya dalam fungsi
spesifikasinya, dan yang pasti ruang bakar yang bagus harus dapat :
a. Menyediakan perpusaran yang baik
b. Menyediakan efisiensi panas yang tinggi
c. Sebagai penyampur campuran bahan bakar
dengan udara
Beberapa tipe ruang bakar secara umum
diantaranya adalah :
1. Ruang Weslake
Pada tipe ini penempatan busi adalah pada
puncak ruang bakar. Dinding ruang bakar sebagian memisahkan katup masuk dan
katup buang. Campuran yang masuk dengan kecepatan tinggi langsung ke busi.
2.Ruang Wedge
Ruang bakar ditempatkan pada piston ataupun
tanda silinder. Bentuk permukaan cylinder
head adalah rata, dan blok didesain dengan membentuk sudut kurang lebih 10
derajat. Bentuk piston khusus digunakan mengakibatkan kesamaan volume silinder
yang lebih mudah diwadahi. Perbedaan perbandingan kompresi dapat dicapai dengan
perubahan tipe piston.
3.Ruang Hemispherical
Ruang ini didesign setengah lingkaran,
sebab itu disebut hemispherical. Ruang pembakaran model ini bebas dari hambatan
dan posisi katup berlawanan antara satu dengan lainnya. Katup besar digunakan
dan efek aliran dapat dicapai. Ini adalah design kemampuan tinggi.
Terdapat tiga tipe cylinder head yaitu :
Katup Sisi
Jenis
ini tidak terdapat katup dan salurannya pada cylinder head. Pada dasarnya
tersedia pada silinder.
Katup di kepala (OHV)
Model ini katup dan
salurannya terdapat pada cylinder head. Camshaft yang menggerakkan katup
ditempatkan pada blok silinder. Katup bekerja oleh mekanisme camshaft, lifter,
push rod, rocker arms dan katup
Camshaft Dikepala (OHC)
Sesuai dengan namanya
camshaft ditempatkan di atas cylinder head, untuk mengeliminasi penggunaan
lifter dan push rod, yang selanjutnya timing katup untuk model ini akurasinya
lebih tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar